Kabupaten Baru Pemekaran Banten Bikin Syok! Resmi, 7 Kecamatan Ini Pilih Caringin dan Keluar dari Pandeglang Demi DOB

Kabupaten Baru Pemekaran Banten Bikin Syok! Resmi, 7 Kecamatan Ini Pilih Caringin dan Keluar dari Pandeglang Demi DOB

Peta Banten--

Kecamatan baru Caringin

Tujuh kecamatan yang terlibat dalam usulan pembentukan Kabupaten Caringin adalah Kecamatan Labuan, Kecamatan Sukaresmi, Kecamatan Patia, Kecamatan Carita, Kecamatan Cikedal, Kecamatan Pagelaran, dan Kecamatan Jiput.

Usulan ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan daerah otonomi baru di Provinsi Banten.

Ibukota Calon Kabupaten Caringin



adv

Rencana pembentukan Kabupaten Caringin juga mencakup pemilihan ibukota. Ibukota calon Kabupaten Caringin diusulkan akan berada di Desa Caringin, Kecamatan Labuan.

Nama "Caringin" sendiri merujuk kepada sebuah desa di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Desa Caringin memiliki sejarah yang kaya, termasuk menjadi ibukota Kabupaten Banten Barat pada masa Kesultanan Banten hingga masa Kolonial Belanda.

Persetujuan DPR RI dan Tantangan Moratorium DOB

Rencana pembentukan Kabupaten Caringin telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).


mg2

Namun, langkah selanjutnya masih menghadapi hambatan moratorium DOB yang belum dicabut oleh Pemerintah Pusat. Meskipun begitu, upaya untuk mewujudkan Kabupaten Caringin terus diperjuangkan.

Baca juga: Sosok Mayor Jenderal Nimrod Aloni, Petinggi Angkatan Darat Israel yang DItangkap Hamas dalam Operasi Badai Al-Aqsa

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr