Kabupaten Tana Toraja Siap Buat Provinsi Baru! Gak Nyangka Ibukotanya Ternyata Kota Kecil Ini: Simak Potensi Makale yang Mendunia

Kabupaten Tana Toraja Siap Buat Provinsi Baru! Gak Nyangka Ibukotanya Ternyata Kota Kecil Ini: Simak Potensi Makale yang Mendunia

daerah-aniq-danial/unplash-

RIVAL.co.id - Kabupaten Tana Toraja Siap Buat Provinsi Baru! Gak Nyangka Ibukotanya Ternyata Kota Kecil Ini: Simak Potensi Makale yang Mendunia. 

Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan terus menjadi perbincangan hangat, dan salah satu kabupaten yang menjadi sorotan adalah Kabupaten Tana Toraja.



adv

Kabupaten ini merupakan salah satu calon ibu kota dari Provinsi baru yang akan diberi nama Provinsi Tana Toraja.

Untuk memahami lebih dalam mengenai perencanaan pemekaran wilayah ini, mari kita telaah batas-batas wilayah dan progres terkini dalam upaya pemekaran.

Kabupaten Tana Toraja memiliki batas wilayah yang strategis. Di bagian utara, kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Toraja Utara dan Provinsi Sulawesi Barat.


mg2

Baca juga: Pilih dengan Bijak! 5 Kecamatan yang Paling Ramai di Kabupaten Bekasi, Jangan Terpaku pada Tambun Utara atau Cikarang Utara Saja!

Baca juga: TOK! Pemekaran Provinsi Jawa Barat Resmi Ditentukan? 8 Kabupaten Baru Segera Terealisasi, Tasikmalaya Pecah

Sementara itu, di sebelah timur, Kabupaten Tana Toraja berbatasan dengan Kabupaten Luwu. Di sebelah selatan, batas wilayahnya berada di antara Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang.

Di sisi barat, Kabupaten Tana Toraja berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Barat. Dengan posisinya yang terletak di tengah-tengah wilayah yang berpotensi, Kabupaten Tana Toraja dianggap sebagai salah satu kunci dalam mewujudkan pemekaran wilayah Sulawesi Selatan.

Baca juga: Kabupaten Lahat Nama Aslinya Apa? Ternyata Begini Sejarah dan Muasal Kota Seluas 4,362 Km di Sumatera Selatan

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr