Cuma Daerah Ini Penghasil Beras Kualitas Juara Terbaik di Indonesia, Kota Solok Punya 6 Fakta Menarik Lainnya yang Wajib Diketahui

Cuma Daerah Ini Penghasil Beras Kualitas Juara Terbaik di Indonesia, Kota Solok Punya 6 Fakta Menarik Lainnya yang Wajib Diketahui

daerah-fahmi-sudira/unplash-

Fakta menarik Kota Solok

Asal-usul Nama Wilayah: Nama "Solok" berasal dari topografi wilayahnya yang penuh dengan perbukitan dan sungai-sungai yang berkelok-kelok, terutama sungai Batang Sumani.

Kata "Solok" sendiri berasal dari kata "Selo," yang berarti berkelok-kelok, merujuk kepada aliran sungai Batang Sumani yang melintasi kota ini.



adv

Daerah Hasil Pemekaran: Kota Solok adalah hasil dari pemekaran Kabupaten Solok, yang terletak di tengah-tengah wilayah Kabupaten Solok.

Proses pemekaran ini telah dimulai sejak tahun 1946 dan akhirnya ditetapkan pada 16 Desember 1970 melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 1970.

Penting dicatat bahwa Kota Solok tidak disebut sebagai Kotamadya Solok karena statusnya telah diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2004.


mg2

Panen Beras Berkualitas: Kota Solok dikenal sebagai salah satu penghasil beras terbaik di Indonesia. Beras Solok memiliki kualitas unggul dan bahkan mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis (IG) pada tahun 2018.

Sertifikat IG ini menjadi yang pertama di Sumatera Barat. Beras Solok, dengan jenis seperti Sokan dan Anak Daro, juga menjadi oleh-oleh favorit bagi para wisatawan.

Baca juga: BRImo Terblokir Mendadak? Begini Cara Mudah Atasi Akun MBangking Tanpa Harus ke Bank, Prosesnya Cepat

Baca juga: Mau Beli Emas Antam Senin 9 Oktober 202 Kini Naik Rp 3,000 Per Gram? Cek Daftar Lengkap Harga dan Kualitas di Pegadaian

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr