Pontianak Bakal Punya Saingan Baru! Provinsi Baru Pemekaran Kalbar Sudah Masuk Wacana Pusat, Ibukota Keren Gak Main-main

Pontianak Bakal Punya Saingan Baru! Provinsi Baru Pemekaran Kalbar Sudah Masuk Wacana Pusat, Ibukota Keren Gak Main-main

Ilustrasi. Destinasi Unik di Sulawesi Selatan, Pesona Pulau Tersembunyi, Jauhnya 27 KM dari Ibu Kota!-Márcio Pêgo/unsplash-

RIVAL.co.id - Pontianak Bakal Punya Saingan Baru! Provinsi Baru Pemekaran Kalbar Sudah Masuk Wacana Pusat, Ibukota Keren Gak Main-main. 

Kalimantan Barat, sebuah provinsi yang memiliki ibu kota di Pontianak, memegang peran penting sebagai salah satu provinsi di Pulau Kalimantan.



adv

Provinsi ini memiliki wilayah luas mencapai 147.307,00 kilometer persegi dan populasi penduduk sekitar 5.541.376 jiwa pada tahun 2022, menjadikannya sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi luar biasa di Indonesia.

Provinsi ini juga memiliki keunikan dengan berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia, serta menjadi provinsi ketiga terluas di Indonesia.

Namun, muncul isu menarik terkait pemekaran di Kalimantan Barat yang mencakup pemindahan ibukota provinsi ke lokasi yang berjarak sekitar 321 kilometer dari Kota Pontianak.


mg2

Penting untuk dicatat bahwa pemekaran ini bukan hanya sekadar perubahan administratif, tetapi juga menjadi bagian penting dari upaya pemerintah pusat dalam membentuk provinsi baru.

Baca juga: Gugah Resep Cara Mengolah Cumi Goreng Tepung Anti Gagal, Gampang di Praktikan, Untuk Rasa Boleh di Adu!

Baca juga: Simak Cara Dapatkan Tiket Kereta Cepat Dibuka Mulai 8-10 Oktober 2023 Gartis! Daftar Mudah Online Cuma Lewat Website Ini

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr