Wilayah Baru Pemekaran Bengkulu Bakal Tarik Wilayah Ini Jadi Ibukotanya, Bikin Terkejut! Potensi Kota Sungai Penuh Juaranya Sumber Daya Alam

Wilayah Baru Pemekaran Bengkulu Bakal Tarik Wilayah Ini Jadi Ibukotanya, Bikin Terkejut! Potensi Kota Sungai Penuh Juaranya Sumber Daya Alam

daerah-abdi-ms.unplash-

Pemekaran provinsi Bengkulu 

Provinsi Bengkulu juga mendapat dampak dari pemekaran wilayah di Indonesia, meskipun moratorium DOB masih tetap berlaku.

Dalam pembaruan terbaru, terdapat usulan untuk memekarkan Provinsi Bengkulu menjadi dua provinsi DOB baru, yang nantinya akan bergabung dengan provinsi lain.



adv

Hal ini berarti wilayah Provinsi Bengkulu akan semakin mengecil akibat pemekaran ini.

Pemprov Bengkulu, kendati tidak secara aktif mengusulkan pemekaran wilayah, tidak dapat menghindar dari dampak aspirasi warga dan tokoh masyarakat setempat yang mendukung pemekaran.

Oleh karena itu, ada dua usulan pemekaran wilayah untuk Provinsi Bengkulu. 


mg2

Baca juga: Tradisi Unik di Boyolali Ini Libatkan Persembahan Kepala Kerbau, Waduh Menarik Kan? Simak Ini Fakta Lainnya Jawa Tengah

Baca juga: Jelang Pertandingan Liga Inggris Hari Ini! Berikut JADWAL Duel Seru dan Pertarungan Papan Tengah Tampil Secara Live di SCTV dan Vidio!

1. Provinsi Puncak Andalas

Provinsi Puncak Andalas adalah usulan pemekaran yang melibatkan tiga provinsi, yaitu Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Jambi.

Dalam rencana ini, satu kota dan lima kabupaten akan bergabung dengan Provinsi Puncak Andalas.

Daerah-daerah yang akan bergabung meliputi Kota Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin (semuanya dari Provinsi Jambi), Kabupaten Muko-muko (dari Provinsi Bengkulu), serta Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Solok Selatan (dari Provinsi Sumatera Barat).

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr