Daerah Ini Miliki Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Pantas Kota Dumai Terpilih Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Riau

Daerah Ini Miliki Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Pantas Kota Dumai Terpilih Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Riau

Harga Minyak Mentah Dunia Balik Menguat 4 Oktober 2023, Pertanda BBM Bakal Naik Lagi? Begini Penjelasan Lengkapnya-grant-durr/unplash-

RIVAl.co.id - Daerah Ini Miliki Kilang Minyak Terbesar di Indonesia, Pantas Kota Dumai Terpilih Jadi Ibukota Provinsi Baru Pemekaran Riau. 

Kota Dumai, yang berpotensi menjadi ibukota Provinsi Riau Pesisir dalam rencana pemekaran Provinsi Riau, memiliki aset berharga yang menjadi penopang ekonomi dan pertumbuhan daerah.



adv

Kilang Minyak Putri Tujuh Dumai, yang dimiliki oleh Pertamina Refinery Unit (RU) II, terletak di Jalan Raya Kilang Putri Tujuh, Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, adalah kilang minyak terbesar di Indonesia.

Kilang minyak ini telah beroperasi sejak tahun 1971 dan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar, yang sangat mendukung kemajuan Kota Dumai.

Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat wilayah ini menyumbang sekitar 30 persen dari produksi minyak nasional, yang akan menjadi bagian dari calon Provinsi Riau Pesisir dengan ibukota provinsi di Kota Dumai.


mg2

Provinsi Riau, yang memiliki wilayah yang luas, juga tidak ingin ketinggalan dalam usulan pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB).

Meskipun moratorium DOB masih berlaku menurut kebijakan Pemerintah Pusat, beberapa daerah, termasuk Provinsi Riau, telah mengajukan usulan pemekaran.

Baca juga: Uji Nyali! Inilah Kelurahan Paling Sepi di Ngaliyan, Kaum Penyendiri Berani Pindah Kemari? 11 Kilometer dari Balai Kota Semarang

Baca juga: Terlilit Hutang Ratusan Miliar, Pabrik Teh Terbesar di Jawa Tengah Ini Mengalami Bangkrut: Dari Rajanya Teh ke Ambang Kegagalan!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr