Warga Solok Selatan Tahu Gak Nih? Hasil Pemekaran Sumatera Barat Resmi Jadikan Kabupaten Ini Provinsi Baru Kaya Tambang Emas

Warga Solok Selatan Tahu Gak Nih? Hasil Pemekaran Sumatera Barat Resmi Jadikan Kabupaten Ini Provinsi Baru Kaya Tambang Emas

daerah-robert-bye/unplash-

Potensi bersinar Solok Selatan Calon Provinsi Baru Indonesia 

Bukan hanya dalam sektor pertambangan, Kabupaten Solok Selatan juga diberkahi dengan tanah yang subur untuk pertanian.

Jenis tanah andosol dan litosol yang ditemukan di sini memiliki tingkat hara yang tinggi, menjadikannya sangat cocok untuk berbagai jenis pertanian.



adv

Meskipun secara resmi Provinsi Sumatera Barat belum mengajukan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah untuk membentuk provinsi baru, namun wacana mengenai pemekaran beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Barat masih terus berlanjut hingga saat ini.

Dalam pemekaran yang diusulkan, Kabupaten Solok Selatan akan menjadi bagian dari calon Provinsi Puncak Andalas, yang merupakan hasil pemekaran gabungan tiga provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Provinsi Jambi, dan Provinsi Bengkulu.

Meskipun moratorium terkait pemekaran daerah otonomi baru (DOB) masih berlaku menurut kebijakan Pemerintah Pusat, rencana ini tetap terus dibahas.


mg2

Provinsi Puncak Andalas akan terbentuk dengan bergabungnya satu kota dan lima kabupaten.

Baca juga: Jelang Pertandingan Liga Inggris Hari Ini! Berikut JADWAL Duel Seru dan Pertarungan Papan Tengah Tampil Secara Live di SCTV dan Vidio!

Baca juga: Viral Pesona Nam Joo Hyuk Jadi MC Acara Militer, Warganet Dibuat Makin Kagum: Pilih Lepas dari Dunia Akting?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr