Wacana Pegabungan Tiga Provinsi: Sumbar, Jambi dan Riau Mulai Temukan Titik Terang, Jangan Terkejut! Nama Ibukotanya Ini

Wacana Pegabungan Tiga Provinsi: Sumbar, Jambi dan Riau Mulai Temukan Titik Terang, Jangan Terkejut! Nama Ibukotanya Ini

Peta Indonesia 38 Provinsi--

Wacana Provinsi Sumatera Tengah 

Keputusan memilih Dharmasraya sebagai ibukota baru Provinsi Sumatera Tengah didasarkan pada kesepakatan para inisiator, yang menganggap kabupaten ini memiliki fasilitas yang dibutuhkan dan berlokasi strategis di antara kabupaten calon Provinsi Sumatera Tengah lainnya.

Namun, usulan pembentukan Provinsi Sumatera Tengah pemekaran gabungan tiga provinsi masih terkendala oleh moratorium yang diberlakukan Pemerintah Pusat terkait pemekaran daerah otonomi baru (DOB).



adv

Kendati demikian, usulan ini merupakan aspirasi warga dan tokoh masyarakat dari daerah yang akan tergabung dalam provinsi baru ini.

Baca juga: Tradisi Unik di Boyolali Ini Libatkan Persembahan Kepala Kerbau, Waduh Menarik Kan? Simak Ini Fakta Lainnya Jawa Tengah

Baca juga: Sinopsis Drama China Tiger And Crane (2023): Pasukan Terbaik Melawan Kejahatan Iblis, Nonton di iQIYI Bukan Telegram!


mg2

Apabila pembentukan Provinsi Sumatera Tengah terwujud, provinsi ini diperkirakan akan memiliki jumlah penduduk sekitar 1.84 juta jiwa dan luas wilayah mencapai 23.1 ribu kilometer persegi.

Meskipun telah memenuhi syarat minimal dengan bergabungnya minimal 5 daerah, termasuk kabupaten dan kota, untuk membentuk calon provinsi DOB, masih ada pro dan kontra terkait langkah ini.

Salah satu tanggapan datang dari Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, yang menyampaikan bahwa Kemendagri hingga saat ini masih memberlakukan moratorium DOB untuk pemekaran wilayah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr