Bumi Cendrawasih Mekar Lagi, Gak Bahaya Nih? Wacana Pemekaran 5 Daerah Baru Papua Beserta Makna Dibalik Namanya

Bumi Cendrawasih Mekar Lagi, Gak Bahaya Nih? Wacana Pemekaran 5 Daerah Baru Papua Beserta Makna Dibalik Namanya

Peta Papua--

RIVAL.co.id - Bumi Cendrawasih Mekar Lagi, Gak Bahaya Nih? Wacana Pemekaran 5 Daerah Baru Papua Beserta Makna Dibalik Namanya. 

Badan Legislasi (Baleg) DPR sedang giat-giatnya memproses harmonisasi rancangan undang-undang mengenai pembagian lima provinsi atau daerah otonomi baru (DOB) di Papua.



adv

Baleg DPR RI telah mencapai kesepakatan mengenai lima nama baru untuk provinsi-provinsi yang akan terbentuk di Tanah Papua.

Pertemuan yang dipimpin oleh Ketua Baleg, Supratman Andi Agtas, menghasilkan kesepakatan terhadap lima nama provinsi baru ini, yang sebagian besar diambil dari nama wilayah adat di Papua.

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah di Jawa Timur: Apa Kabupaten Malang Akan Terbagi Lagi Menjadi 3 Kabupaten Baru?


mg2

Meskipun penamaan ini dianggap sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya asli Papua, beberapa pihak mengkhawatirkan bahwa penamaan berbasis wilayah adat ini berpotensi menimbulkan konflik di masa mendatang.

Wakil Ketua Komisi II DPR, Syamsurizal, menjelaskan bahwa tiga dari lima nama provinsi baru didasarkan pada pertimbangan wilayah adat.

Baca juga: Siapa Pacar Pangeran Muda? Berikut Profil Biodata Darma Mangkuluhur Hutomo: Latar Belakang, Sosial Media hingga Nama Kekasih

Baca juga: Jelang Pertandingan Liga Inggris Hari Ini! Berikut JADWAL Duel Seru dan Pertarungan Papan Tengah Tampil Secara Live di SCTV dan Vidio!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr