Calon Ibukota Provinsi Kapuas Raya Pemekaran Kalbar Punya Daya Tarik Menakjubkan, Mengenal Kota Sintang dari Keunggulan Sumber Daya

Calon Ibukota Provinsi Kapuas Raya Pemekaran Kalbar Punya Daya Tarik Menakjubkan, Mengenal Kota Sintang dari Keunggulan Sumber Daya

daerah-henning-witzel/unplash-

5 Kabupaten bergabung di Provinsi Baru Kapuas Raya

Tujuan dari pemekaran Provinsi Kapuas Raya adalah untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kewenangan pemerintah daerah di wilayah tersebut.

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, dalam Seminar Nasional Percepatan Pembentukan Provinsi Kapuas Raya, menyampaikan komitmen dalam percepatan pembentukan Provinsi Kapuas Raya.



adv

Meskipun begitu, proses pembentukan masih tertunda karena moratorium dari pemerintah pusat.

Meski proses pemekaran masih dalam penantian, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah bersiap membantu anggaran persiapan untuk Provinsi Kapuas Raya. Hal ini mencakup persiapan untuk kantor Gubernur dan kantor DPRD Provinsi Kapuas Raya.

Baca juga: Kampung Terhidden Tengah Sawah? Temukan Rahasia Desa Terunik dengan Banyak Asal Usul, Mulai Warga Nampak Awet Muda hingga Sejarah Kelam?


mg2

Pembentukan Provinsi Kapuas Raya mendapat dukungan resmi dari lima kabupaten yang akan bergabung dalam entitas baru tersebut. Kelima kabupaten yang akan bergabung meliputi:

  • Kabupaten Sanggau
  • Kabupaten Sintang
  • Kabupaten Kapuas Hulu
  • Kabupaten Sekadau
  • Kabupaten Melawi

Kepala daerah beserta DPRD masing-masing kabupaten juga telah menyatakan dukungan atas pembentukan Provinsi Kapuas Raya. Semua persyaratan dan kewajiban dari provinsi induk, yaitu Kalimantan Barat, sudah dipenuhi.

Namun, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan bahwa saat ini masih berlaku moratorium untuk pemekaran daerah otonomi baru di Provinsi Kalimantan Barat, termasuk rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya.

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah di Jawa Timur: Apa Kabupaten Malang Akan Terbagi Lagi Menjadi 3 Kabupaten Baru?

Baca juga: Cianjur dan Sejarahnya! Menguak Cerita Masa Lampau Kampung Adat Miduana, Benarkah Dibabat Alas Oleh Keturunan Kerajaan Pajajaran?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr