Potret Ibukota Baru Provinsi Sultim Pemekaran Sulawesi Tengah, Pantas Morowali Terpilih Ternyata Punya Potensi Mendunia

Potret Ibukota Baru Provinsi Sultim Pemekaran Sulawesi Tengah, Pantas Morowali Terpilih Ternyata Punya Potensi Mendunia

Morowali-robert-modalo/unplash-

Potensi mendunia Morowali 

Tambang Nikel Berkualitas Internasional

Salah satu aset berharga yang membedakan Morowali dari daerah lain adalah keberadaan lebih dari 200.000 hektar tambang nikel.



adv

Tambang nikel Morowali terkenal hingga mancanegara karena kualitasnya yang nomor satu di Asia Tenggara.

Sektor pertambangan nikel telah menjadi pilar utama ekonomi Morowali, dengan 10 perusahaan pertambangan nikel besar yang beroperasi dan menyerap hingga 19.000 tenaga kerja lokal.

Namun, sambil memanfaatkan potensi tambang nikel, pemerintah Kabupaten Morowali juga memahami pentingnya mempersiapkan sumber pendapatan alternatif yang berkelanjutan.


mg2

Baca juga: Sinopsis Drama China Tiger And Crane (2023): Pasukan Terbaik Melawan Kejahatan Iblis, Nonton di iQIYI Bukan Telegram!

Potensi Alternatif yang Menjanjikan

Beberapa sektor telah diidentifikasi sebagai pengganti potensi nikel, yaitu:

Perkebunan: Morowali memiliki potensi besar dalam perkebunan kelapa sawit, dengan luas hingga 6.000 hektar. Selain itu, komoditas seperti pala, singke, dan kakao juga menjadi fokus pengembangan.

Perikanan: Wilayah perairan luas Morowali mendukung perkembangan sektor perikanan. Nelayan menjadi salah satu mata pencaharian utama, dengan Kepulauan Bungku Selatan dan Kepulauan Menui sebagai pusat perikanan. Ikan tuna dan budidaya rumput laut menjadi komoditas unggulan.

Pariwisata: Sektor pariwisata menjadi prioritas pengembangan dengan upaya membangun infrastruktur dan industri pariwisata yang berkelanjutan. Morowali memiliki potensi besar di sektor ini dan tengah berusaha menggali pesona pariwisata yang unik.

Baca juga: Adenovirus Jenis Virus yang Berbahaya? Simak Penjelasan dan Pengobatan Penyakit yang Saat Ini Kena Rayyanza Tengah Viral di TikTok

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr