Misteri Kampung Jalawastu di Brebes, Masih Pegang Erat Tradisi Ternyata Ini Fakta Menarik Lainnya yang Jarang Diketahui

Misteri Kampung Jalawastu di Brebes, Masih Pegang Erat Tradisi Ternyata Ini Fakta Menarik Lainnya yang Jarang Diketahui

daerah-paulo-sayrol/unplash-

3. Kota Telur Asin

Selain bawang merah, Brebes juga mendapatkan julukan sebagai "Kota Telur Asin." Hal ini dikarenakan kabupaten ini dikenal sebagai penghasil telur asin terbesar di Indonesia.



adv

Telur hasil ternak diolah dengan baik oleh masyarakat lokal, menghasilkan telur asin berkualitas tinggi yang mudah ditemukan di berbagai kios di sekitar Brebes.

Telur asin berkualitas memiliki kuning yang berwarna jingga terang hingga kemerahan, tekstur yang kering, dan aroma yang khas.

4. Batik Salem, Karya Seni Lokal


mg2

Brebes juga memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, termasuk keberadaan Batik Salem atau yang lebih dikenal dengan motif Batik Brebesan.

Sentra batik ini berada di Desa Bentar dan Bentarsari, Kecamatan Salem.

Batik Salem telah ada sejak tahun 1917, dan memiliki beragam motif, seperti motif kopi pecah, mangga, merak, ukel kangkung, sinar rantai, serta motif khas lainnya seperti bebek dan bawang merah, yang merefleksikan produk unggulan daerah ini.

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah di Jawa Timur: Apa Kabupaten Malang Akan Terbagi Lagi Menjadi 3 Kabupaten Baru?

Baca juga: Sinopsis Drama China Tiger And Crane (2023): Pasukan Terbaik Melawan Kejahatan Iblis, Nonton di iQIYI Bukan Telegram!

5. Kampung Budaya Jalawastu

Kampung Budaya Jalawastu, yang terletak di Desa Ciseureuh, Brebes, merupakan tempat yang memegang teguh budaya peninggalan leluhur.

Masyarakat setempat memiliki sejumlah pantangan unik, termasuk dalam hal pembangunan rumah.

Mereka meyakini bahwa membangun rumah tanpa menggunakan semen, keramik, dan genteng dapat mencegah bencana longsor di daerah perbukitan ini.

Selain itu, masyarakat setempat juga memiliki larangan seperti tidak memelihara angsa, domba, kerbau, atau menanam bawang merah.

Pantangan-pantangan ini dipegang teguh karena masyarakat telah melihat dampak negatif saat ada yang melanggar aturan tersebut.

Brebes, sebuah kabupaten yang kaya akan sejarah, budaya, dan potensi ekonomi, merupakan salah satu permata tersembunyi di Jawa Tengah yang layak untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Selain keindahan alamnya, Brebes juga memiliki pesona khas dalam bentuk kearifan lokal dan kekayaan budaya yang patut diapresiasi. Ayo, jelajahi Brebes lebih dalam dan temukan pesona-pesona tersembunyi yang menanti Anda!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr