Geger! Jawa Timur Siap Bentuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran Wilayah, Surabaya Masuk Daerah Mana? Cek Selengkapnya Disini

Geger! Jawa Timur Siap Bentuk Provinsi Baru Hasil Pemekaran Wilayah, Surabaya Masuk Daerah Mana? Cek Selengkapnya Disini

Jawa Timur-map data/google-

3. Provinsi Madura

Usulan pembentukan Provinsi Madura menjadi yang ketiga dalam pemekaran wilayah Provinsi Jawa Timur.



adv

Saat ini, empat kabupaten di Madura telah menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Provinsi Madura.

Kabupaten Pamekasan yang akan menjadi ibukota Provinsi Madura, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Bangkalan adalah kabupaten-kabupaten yang mendukung usulan ini.

Baca juga: Waduh Bandung Gak Kepilih! Kabupaten Ini Pilih Lakukan Pemekaran dan Lepas dari Jawa Barat, Gimana Tanggapan Warga?


mg2

Selain itu, ada juga usulan pemekaran daerah dengan menciptakan kota-kota baru untuk memenuhi syarat minimal 4 daerah dalam pembentukan provinsi baru.

Kabupaten Pamekasan akan membentuk Kota Pamekasan, Kabupaten Sampang akan membentuk Kota Sampang, Kabupaten Sumenep akan membentuk Kota Sumenep, dan Kabupaten Bangkalan akan membentuk Kota Bangkalan.

4. Provinsi Malang Raya

Yang terbaru adalah usulan pembentukan Provinsi Malang Raya dalam pemekaran wilayah Provinsi Jawa Timur.

Provinsi Malang Raya dinilai sebagai pilihan yang lebih pantas dibandingkan dengan Provinsi Blambangan. Saat ini, setidaknya ada 6 kabupaten dan kota yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung dengan Provinsi Malang Raya.

Baca juga: Tempe Goreng Ambyar Super Krispy Ala Pak Yanto Grobongan, Ternyata Ini Resep Anti Gagal Bisa Dicoba di Rumah Bun

Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang adalah daerah-daerah yang mendukung usulan ini.

Wacana pemekaran wilayah Provinsi Jawa Timur menjadi sebuah proses yang menarik dengan banyak pertimbangan. Meskipun masih ada beberapa hambatan, seperti moratorium DOB, pemekaran wilayah ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan daerah-daerah baru yang diusulkan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr