Siap Sambut Harapan Baru! Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah Segera Bentuk Provinsi Baru, Mana Ibukotanya?

Siap Sambut Harapan Baru! Kabupaten Cilacap di Jawa Tengah Segera Bentuk Provinsi Baru, Mana Ibukotanya?

Peta Jawa Tengah-map data/google-

Wacana kabupaten cilacap jadi provinsi baru 

Saat ini, telah ada dua opsi nama yang diajukan untuk kabupaten otonom yang mungkin akan muncul setelah pemekaran wilayah Kabupaten Cilacap ini.

Kedua pilihan nama tersebut adalah Kabupaten Majenang dan Kabupaten Cilacap Barat. Keputusan akhir mengenai nama ini akan diserahkan kepada pemerintah pusat.



adv

Rencana pemekaran ini melibatkan 10 kecamatan yang telah mempersiapkan diri untuk bergabung dengan kabupaten yang baru terbentuk, baik itu Kabupaten Majenang atau Kabupaten Cilacap Barat. Ke-10 kecamatan ini meliputi. 

Baca juga: Mengenal Fakta Pasuruan Tempat Kelahiran Pahlawan, 3 Hal Unik Kota Pesantren yang Jarang Diketahui

Dengan pemekaran ini, harapannya adalah bahwa wilayah yang sangat luas dari Kabupaten Cilacap akan dapat dikelola dengan lebih efisien.


mg2

Selain itu, hal ini juga diharapkan akan membantu dalam upaya pemerataan pembangunan di wilayah yang saat ini terdiri dari 24 kecamatan, 269 desa, dan 15 kelurahan.

Penduduk Kabupaten Cilacap, yang telah mencapai angka sekitar 1.93 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik tahun 2019, diharapkan akan mendapatkan manfaat dari perubahan ini.

Baca juga: Kabupaten Tapanuli Diprediksi Bakal Jadi Ibukota Baru Pemekaran Sumatera Utara, Ini Kata Gubernur Sumut

Baca juga: Warga Jawa Barat Pasti Gak Tahu! Taman Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Purwakarta, Fakta Menarik Lainnya Bikin Melongo

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr