Bukan Pontianak! Ibukota Baru Hasil Pemekaran Kalimantan Barat Punya Sejuta Fakta Menarik, Ketapang dan Potensi Calon Daerah Baru

Bukan Pontianak! Ibukota Baru Hasil Pemekaran Kalimantan Barat Punya Sejuta Fakta Menarik, Ketapang dan Potensi Calon Daerah Baru

pontianak-martin-tampu/unplash-

Fakta menarik Ketapang

1. Kabupaten Terluas di Indonesia

Kabupaten Ketapang tak hanya besar, tetapi juga sangat luas. Dengan luas wilayah mencapai 31.588 kilometer persegi, Kabupaten Ketapang menjadi salah satu kabupaten terluas di seluruh Indonesia.



adv

Bahkan, luas wilayahnya hampir setara dengan Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota dengan luas wilayah sekitar 32.800 kilometer persegi. Ini menunjukkan seberapa besar dan luasnya Kabupaten Ketapang.

2. Kota Tertua di Kalimantan Barat

Kabupaten Ketapang memiliki sejarah yang panjang dan pernah dikenal dengan beberapa nama seperti Tanjungpura dan Matan sebelum akhirnya menjadi Kabupaten Ketapang.


mg2

Bahkan, kabupaten ini memiliki predikat sebagai Kerajaan Tanjungpura yang menjadikannya salah satu kerajaan tertua di Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan sejarah yang kaya, Kabupaten Ketapang dianggap sebagai salah satu kabupaten atau kota tertua di Kalimantan Barat.

Baca juga: Fakta Menarik Karawang Jawa Barat yang Gak Boleh Kelewat! Lubung Padi Bersejarah Ini Jadi Saksi Kemerdekaan RI, Bisa Tebak Dimana?

Baca juga: Waduh Bandung Gak Kepilih! Kabupaten Ini Pilih Lakukan Pemekaran dan Lepas dari Jawa Barat, Gimana Tanggapan Warga?

3. Keberadaan yang Sering Dikira di Banyuwangi

Salah satu kebingungan umum di kalangan masyarakat Indonesia adalah mengenai lokasi Ketapang ini. Banyak yang keliru mengira Ketapang adalah bagian dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Hingga 80 persen penduduk Indonesia bahkan menganggap Ketapang adalah wilayah di Kabupaten Banyuwangi. Ini mungkin disebabkan oleh kemiripan nama dan kurangnya pemahaman tentang geografi di antara sebagian masyarakat.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr