Wacana 5 Provinsi Baru Indonesia Usai IKN 2024 Terbentuk! Jangan Kaget, Provinsi Sumbawa Paling Dinantikan, Kenapa?

Wacana 5 Provinsi Baru Indonesia Usai IKN 2024 Terbentuk! Jangan Kaget, Provinsi Sumbawa Paling Dinantikan, Kenapa?

Peta Indonesia--

RIVAL.co.id - Wacana 5 Provinsi Baru Indonesia Usai IKN 2024 Terbentuk! Jangan Kaget, Provinsi Sumbawa Paling Dinantikan, Kenapa?

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia terus bertransformasi. Salah satu perkembangan menarik adalah usulan pemekaran provinsi baru.



adv

Berikut adalah lima dari tujuh calon provinsi baru di Indonesia yang telah lolos syarat berdasarkan PP 78 Tahun 2007. 

Setelah ini Indonesia akan difokuskan dengan berbagai kesempatan yang mana membangun IKN. Maka seanjutnya yakni fokus dengan adanya wacana dan rencana pemekaran wilayah baru. 

Baca juga: Perubahan Besar! Kecamatan Kecil di Banten Siap-siap Berubah Jadi Kabupaten, Ibukota Provinsi Ini Bakal Digantikan Wilayah Mana?

Daftar provinsi baru di Indonesia


mg2

1. Provinsi Tapanuli: Membentuk Identitas Baru di Sumatera Utara

Usulan pemekaran Provinsi Tapanuli menjadi pembicaraan serius. Pemekaran ini akan melibatkan beberapa wilayah di Sumatera Utara, seperti Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Samosir, Toba Samosir, dan Kota Sibolga.

Munculnya provinsi ini akan memberikan identitas baru bagi wilayah-wilayah tersebut, dengan Siborongborong atau Sibolga sebagai calon ibukota.

Baca juga: Bocoran Cerita Manhwa Not Your Typical Reincarnation Story Chapter 36 37 Bahasa Indonesia, Rawa Spoiler Sub Indo

Baca juga: Bukan Cuma Tahu! 6 Fakta Menarik Sumedang yang Buat Auto Merinding, Miliki Jalan Angker Legendaris, Jangan Salah Lewat

2. Provinsi Kepulauan Nias: Menyongsong Potensi Baru di Sumatera Utara

Pemekaran Provinsi Kepulauan Nias juga menjadi sorotan. Kabupaten Nias Barat, Gunung Sitoli, Nias, Nias Selatan, dan Nias Utara diharapkan bergabung dalam provinsi ini.

Dengan Gunung Sitoli sebagai calon ibukota, pemekaran ini akan membawa dampak besar terhadap pemberdayaan dan pengembangan wilayah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr