Nama Unik Sumedang Berasal dari Hasil Perjuangan Penjajah, Julukan Kota Tahu Ini Banyak yang Gak Nyangka dari Bahasa Ini

Nama Unik Sumedang Berasal dari Hasil Perjuangan Penjajah, Julukan Kota Tahu Ini Banyak yang Gak Nyangka dari Bahasa Ini

daerah-abdi-ms.unplash-

Fakta dan asal usul Sumedang Jawa Barat

Selama masa penjajahan Belanda, terjadi perlawanan sengit dari masyarakat Sumedang terhadap Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), perusahaan dagang Belanda.

Ini mencerminkan semangat perlawanan melawan penjajahan.



adv

Salah satu peristiwa terkenal dalam sejarah Sumedang adalah Pemberontakan Pangeran Kornel (Pangeran Cornelis) pada abad ke-18.

Pangeran Kornel adalah seorang pejuang yang menghadapi kekuasaan Belanda dan berusaha mempertahankan kemerdekaan daerahnya.

Pada abad ke-20, terjadi perkembangan signifikan di Sumedang, termasuk pertumbuhan ekonomi dan perkembangan infrastruktur. Kota Sumedang menjadi pusat perdagangan dan jasa di wilayah sekitarnya.


mg2

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Sumedang menjadi bagian dari Republik Indonesia. Wilayah ini berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan nasional dan memiliki banyak pahlawan yang berjasa dalam perjalanan menuju kemerdekaan.

Baca juga: Tahukah Kamu Ciamis Punya Kampung Seribu Pantangan? Unik! Rumah Warga Gak Boleh Dibuat dari Semen, Ternyata Ini 6 fakta Menarik Lainnya

Baca juga: Mantai Yuk! Rekomendasi Pantai Terbaik dan Paling Indah di Gunungkidul, Ada Kesan Romantis Banget Nih!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr