Bukan Cuma Tahu! 6 Fakta Menarik Sumedang yang Buat Auto Merinding, Miliki Jalan Angker Legendaris, Jangan Salah Lewat

Bukan Cuma Tahu! 6 Fakta Menarik Sumedang yang Buat Auto Merinding, Miliki Jalan Angker Legendaris, Jangan Salah Lewat

sumedang-billy-sutawijaya/unplash-

RIVAL.co.id - Bukan Cuma Tahu! 6 Fakta Menarik Sumedang yang Buat Auto Merinding, Miliki Jalan Angker Legendaris, Jangan Salah Lewat

Sumedang, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki sejuta pesona yang menarik. 



adv

Terletak berbatasan langsung dengan Bandung, Sumedang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang berkunjung ke sana.

Selain keindahan alamnya, kulinernya juga menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan, terutama hidangan Tahu Sumedang yang terkenal.

Baca juga: Warga Jawa Barat Pasti Gak Tahu! Taman Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Purwakarta, Fakta Menarik Lainnya Bikin Melongo


mg2

Baca juga: Kabupaten Tapanuli Diprediksi Bakal Jadi Ibukota Baru Pemekaran Sumatera Utara, Ini Kata Gubernur Sumut

Fakta unik dan menarik tentang Sumedang

1. Tahu Bungkeng: Legenda Tahu Sumedang

Tahu Bungkeng adalah pelopor dari hidangan terkenal, Tahu Sumedang. Tahu Bungkeng sudah ada sejak tahun 1917.

Konon, Tahu Bungkeng diperkenalkan oleh seorang pedagang Tiongkok bernama Ong Kino pada tahun 1917 ketika ia berdagang di Kota Sumedang.

Hidangan ini menjadi alternatif makanan pertama selain hasil bumi di daerah tersebut. Setelah Ong Kino kembali ke Tiongkok, usahanya diwariskan kepada anaknya yang bernama Ong Bun Keng.

Baca juga: Waduh Bandung Gak Kepilih! Kabupaten Ini Pilih Lakukan Pemekaran dan Lepas dari Jawa Barat, Gimana Tanggapan Warga?

2. Waduk Terbesar Kedua di Indonesia: Waduk Jatigede

Selain dikenal sebagai Kota Tahu, Sumedang juga memiliki keindahan alam yang memukau, salah satunya adalah Waduk Jatigede.

Dengan luas mencapai 4.983 hektar, Waduk Jatigede adalah waduk terbesar kedua di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur di Purwakarta.

Pembangunan waduk ini telah direncanakan sejak zaman Hindia Belanda dan mulai dibangun pada tahun 2008. Waduk ini diresmikan pada tahun 2015 dan beroperasi penuh pada tahun 2017 di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca juga: Waduh! Kota Terbesar Aceh Dikembangkan Menjadi Ibu Kota Provinsi Baru dengan Keterlibatan 6 Wilayah Tetangga?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr