Meski Kabupaten di Jawa Barat, Asal Usul Nama Purwakarta dari Bahasa Jawa Loh! Simak Ini Artinya dan Sejarah Lengkapnya

Meski Kabupaten di Jawa Barat, Asal Usul Nama Purwakarta dari Bahasa Jawa Loh! Simak Ini Artinya dan Sejarah Lengkapnya

daerah-Ryoka/unplash-

RIVAL.co.id - Meski Kabupaten di Jawa Barat, Asal Usul Nama Purwakarta dari Bahasa Jawa Loh! Simak Ini Artinya dan Sejarah Lengkapnya. 

Kota Purwakarta, yang merupakan ibu kota dari Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa Barat, memiliki sejarah yang kaya dan asal usul yang menarik.



adv

Berikut adalah penjelasan rinci mengenai sejarah dan asal usul kota ini. 

Purwakarta memiliki akar sejarah yang panjang dan bermula pada masa kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Baca juga: Warga Jawa Barat Pasti Gak Tahu! Taman Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Purwakarta, Fakta Menarik Lainnya Bikin Melongo


mg2

Baca juga: Perubahan Besar! Kecamatan Kecil di Banten Siap-siap Berubah Jadi Kabupaten, Ibukota Provinsi Ini Bakal Digantikan Wilayah Mana?

Pada masa itu, daerah ini dikenal dengan nama "Parahyangan," yang merupakan salah satu pusat peradaban dan kebudayaan di Jawa Barat.

Pada abad ke-16, setelah Islam tiba di pulau Jawa, Parahyangan menjadi wilayah yang berpengaruh di Jawa Barat, dengan berdirinya beberapa kerajaan Hindu-Sunda, seperti Kerajaan Pajajaran.

Pada abad ke-17, Kesultanan Cirebon yang berbasis Islam menguasai wilayah Parahyangan, termasuk yang sekarang menjadi Purwakarta.

Baca juga: Waduh! Kota Terbesar Aceh Dikembangkan Menjadi Ibu Kota Provinsi Baru dengan Keterlibatan 6 Wilayah Tetangga?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr