Warga Jawa Barat Pasti Gak Tahu! Taman Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Purwakarta, Fakta Menarik Lainnya Bikin Melongo

Warga Jawa Barat Pasti Gak Tahu! Taman Air Mancur Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Purwakarta, Fakta Menarik Lainnya Bikin Melongo

purwakarta-taufik-imam/unplash-

Fakta Menarik Purwakarta

1. Dikenal sebagai Kota Pensiunan: Purwakarta dulu dikenal sebagai kota pensiunan karena suasana tenang dan jauh dari keramaian.

Namun, julukan ini mulai meredup seiring dengan transformasi kota ini menjadi tempat yang lebih modern, dinamis, dan berbudaya.



adv

Pemerintah kabupaten Purwakarta telah membangun berbagai infrastruktur dan fasilitas publik yang berbasis budaya, seperti Taman Air Mancur Sri Baduga, Museum Kebudayaan Sunda Wiwitan, dan Jembatan Cinta Situ Buleud.

2. Taman Air Mancur Terbesar Se-Asia Tenggara: Taman Air Mancur Sri Baduga adalah salah satu taman air mancur di Purwakarta dan menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara.

Taman ini memiliki luas 1,8 hektar dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata utama di kota ini. Di tengah danau taman ini terdapat patung Prabu Siliwangi, serta empat ekor harimau putih yang melambangkan semangat masyarakat Sunda.


mg2

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Rombongan Bus SMPN 3 Depok di Tol Cipali, Bus Rem Mendadak Supir Terkejut

Baca juga: Ada yang Baru Tahu Jika Nama Pasuruan Berasal dari Bahasa Madura? Artinya Ini, Arek Jawa Timur Jangan Kaget

3. Tempat Lahirnya Tokoh Nasional: Purwakarta juga merupakan tempat kelahiran banyak tokoh nasional yang berjasa bagi bangsa Indonesia.

Salah satunya adalah Kusumah Atmaja, seorang pahlawan nasional yang menjadi Ketua Mahkamah Agung pertama dan anggota BPUPKI.

Selain itu, ada juga Ipik Gandamana, seorang pemimpin besar yang pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bogor, Gubernur Jawa Barat, dan Menteri Dalam Negeri.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr