Sejarah Asal Usul Nama Karawang yang Bikin Salfok, Bukan Sembarangan Ternyata Diambil dari Bahasa Sunda?

Sejarah Asal Usul Nama Karawang yang Bikin Salfok, Bukan Sembarangan Ternyata Diambil dari Bahasa Sunda?

daerah-shot-ed/unplash-

Kawasan industri di Karawang tumbuh menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Banyak perusahaan nasional dan internasional mendirikan pabrik dan fasilitas produksi di sini. Transformasi dari lumbung padi menjadi pusat industri menjadikan Karawang sebagai kota industri terbesar di Indonesia.

Karawang juga memiliki kebudayaan dan kearifan lokal yang unik. Salah satunya adalah seni tari Jaipong yang terkenal.



adv

Baca juga: Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Rombongan Bus SMPN 3 Depok di Tol Cipali, Bus Rem Mendadak Supir Terkejut

Jaipong diciptakan oleh seniman asal Karawang, H. Suanda, pada tahun 1976. Tarian ini menggabungkan berbagai unsur seni tradisional Sunda, seperti Ketuktilu, Kliningan, Bajidoran, dan Pencaksilat.


mg2

Jaipong telah menjadi bagian integral dari budaya Karawang dan sering ditampilkan dalam berbagai perayaan dan upacara tradisional.

Karawang adalah kota yang kaya akan sejarah, baik yang terkait dengan masa lalu kolonial Belanda maupun perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat, terutama dalam sektor industri, telah menjadikan Karawang sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia.

Meskipun bertransformasi menjadi pusat industri modern, Karawang tetap memelihara warisan budaya dan sejarahnya yang kaya, menjadikannya tempat yang menarik untuk dijelajahi bagi warga lokal dan wisatawan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr