Fakta Menarik Karawang Jawa Barat yang Gak Boleh Kelewat! Lubung Padi Bersejarah Ini Jadi Saksi Kemerdekaan RI, Bisa Tebak Dimana?

Fakta Menarik Karawang Jawa Barat yang Gak Boleh Kelewat! Lubung Padi Bersejarah Ini Jadi Saksi Kemerdekaan RI, Bisa Tebak Dimana?

karawang-wildan-hidayatulah/unplash-

3. UMK Tertinggi di Indonesia: Karawang, dengan sebutan "kota industri," memiliki tingkat upah minimum kota (UMK) tertinggi di Indonesia. Pada tahun 2021, UMK Karawang mencapai angka Rp4.798.312,00, yang merupakan yang tertinggi di Jawa Barat dan bahkan di tingkat nasional.

Hal ini mencerminkan dominasi kawasan industri di Karawang dan tingginya permintaan tenaga kerja di sektor ini. Banyak investor asing juga memilih mendirikan perusahaan di kawasan industri Karawang.



adv

4. Lokasi Candi Tertua di Jawa: Karawang adalah rumah bagi Candi Batujaya, peninggalan kuno yang dinyatakan sebagai candi tertua di Jawa, bahkan lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang.

Candi Batujaya didirikan selama masa Kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5 hingga ke-6 Masehi. Candi ini memiliki keunikan karena semua bangunan candi menghadap ke arah yang sama, yaitu 50 derajat dari arah utara. Candi ini merupakan salah satu situs bersejarah yang penting di Karawang.

5. Jaipongan Khas Karawang: Karawang dikenal sebagai kota asal tari Jaipong, sebuah jenis tari tradisional yang sangat terkenal di Indonesia dan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Sunda.


mg2

Jaipong diciptakan oleh seniman asal Karawang, H. Suanda, pada tahun 1976.

Tarian ini merupakan perpaduan dari berbagai seni tradisional Sunda, seperti Ketuktilu, Kliningan, Bajidoran, dan Pencaksilat.

Jaipong menjadi salah satu ikon budaya yang sangat populer dan digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Tempe Goreng Ambyar Super Krispy Ala Pak Yanto Grobongan, Ternyata Ini Resep Anti Gagal Bisa Dicoba di Rumah Bun

Baca juga: Kota Pendekar Jawa Timur Ini Punya Asal Usul Nama Unik, Sejarah Madiun Bikin Warganya Pangling Gak Percaya

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr