Asal Usul Nama Ciamis Ternyata dari Bahasa Sansekerta? Kisah Cerita yang Panjang, Ternyata Ini Awal Namanya Unik

Asal Usul Nama Ciamis Ternyata dari Bahasa Sansekerta? Kisah Cerita yang Panjang, Ternyata Ini Awal Namanya Unik

daerah-dwi-widya/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Ciamis Ternyata dari Bahasa Sansekerta? Kisah Cerita yang Panjang, Ternyata Ini Awal Namanya Unik. 

Kabupaten Ciamis, sebuah wilayah di Provinsi Jawa Barat, menghadirkan pesona alam yang memesona dan cerita sejarah yang menarik.



adv

Terletak di bagian selatan Jawa Barat, kabupaten ini sering disebut sebagai "Kota Manis," sebagian karena keindahan alamnya yang patut untuk dikunjungi.

Menurut sejarah, sekitar wilayah Kawali yang sekarang menjadi Kabupaten Ciamis, dulunya berdiri sebuah pusat kota yang dikenal dengan nama Kerajaan Galuh.

Dalam bahasa Sansekerta, kata "galuh" mengacu pada batu permata, yang juga digunakan untuk menyebut putri raja yang sedang memerintah dan belum menikah.


mg2

Pada tahun 1914, Galuh telah menjadi sebuah kabupaten dan dipimpin oleh Tumenggung Sastrawinata.

Setahun kemudian, Kabupaten Galuh dimasukkan ke dalam Keresidenan Priangan, dan dengan persetujuan Belanda, Tumenggung Sastrawinata secara resmi mengganti nama Kabupaten Galuh menjadi Kabupaten Ciamis pada tanggal 1 Januari 1916.

Baca juga: Tahukah Kamu Ciamis Punya Kampung Seribu Pantangan? Unik! Rumah Warga Gak Boleh Dibuat dari Semen, Ternyata Ini 6 fakta Menarik Lainnya

Baca juga: Kabupaten Tapanuli Diprediksi Bakal Jadi Ibukota Baru Pemekaran Sumatera Utara, Ini Kata Gubernur Sumut

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr