Satu-satunya Kota di Jawa Timur yang Julukannya Republik Kopi, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Bondowoso

Satu-satunya Kota di Jawa Timur yang Julukannya Republik Kopi, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Bondowoso

Ilustrasi. Pesona Kampung Unik dan Asri Tapi Terpencil di Jember, Jawa Timur, Ternyata Sepi Juga Cuy!-Tran Mau Tri Tam/unsplash-

RIVAL.co.id - Satu-satunya Kota di Jawa Timur yang Julukannya Republik Kopi, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Bondowoso. 

Bondowoso, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, memiliki daya tarik yang jauh lebih dalam daripada sekadar lokasinya yang strategis di persimpangan jalur antara Kecamatan Besuki dan Kabupaten Situbondo menuju Jember.



adv

Berikut adalah enam fakta menarik tentang Bondowoso yang akan mengungkap kekayaan budayanya yang mendalam.

1. Kota Megalitikum: Bondowoso sering disebut sebagai "Kota Megalitikum" yang penuh dengan nilai sejarah. Ada lebih dari 1.215 situs megalitikum yang tersebar di seluruh kecamatan Bondowoso.

Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi mencanangkan Bondowoso sebagai "Kota Megalitikum." Ini tercermin dalam event tahunan bertajuk "ruwatan budaya megalitik" yang memadukan seni dan budaya.


mg2

Baca juga: Nonton Drama BL I Feel You Linger in the Air: Uncut Version Episode 8 Sub Indo Kapan Tayang? Jadwal Tayang dan Link Streaming Terbaru, No Sensor!

2. Kerajinan Kuningan: Desa Cindogo di Kecamatan Tapen dikenal sebagai pusat kerajinan kuningan yang telah dikenal luas di Indonesia.

Selain itu, Desa Jurangsapi juga menghasilkan kerajinan serupa. Salah satu hal yang membedakan kerajinan kuningan Bondowoso adalah kilauannya yang lebih awet, tanpa perlu perlakuan tambahan, dan warnanya yang tahan lama.

Dari kuningan ini, mereka membuat berbagai barang, mulai dari peralatan rumah tangga hingga suvenir dan hiasan interior.

Baca juga: Asal Usul Nama Bondowoso yang Melengenda, Catat! Ada Kisah Sejarah yang Terlewat, Ternyata Ini Muasalnya

Baca juga: Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr