Pemekaran Aceh Kota Terluas, Menuju Era Baru sebagai Ibu Kota Provinsi dengan Melibatkan 6 Daerah di Sekitarnya!

Pemekaran Aceh Kota Terluas, Menuju Era Baru sebagai Ibu Kota Provinsi dengan Melibatkan 6 Daerah di Sekitarnya!

daerah-matt-jones/unplash-

Rival.co.id - Pemekaran Aceh Kota Terluas, Menuju Era Baru sebagai Ibu Kota Provinsi dengan Melibatkan 6 Daerah di Sekitarnya!

Aceh, sebuah provinsi yang kaya akan budaya dan sumber daya alamnya, selalu menjadi pusat perhatian ketika bicara tentang potensi dan permasalahan pembangunan.



adv

Salah satu isu yang telah lama mengemuka adalah wacana pemekaran Aceh menjadi provinsi-provinsi baru yang lebih kecil, dengan harapan dapat meratakan pembangunan dan mengatasi ketimpangan ekonomi yang terjadi di wilayahnya.

Baca juga: Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Rombongan Bus SMPN 3 Depok di Tol Cipali, Bus Rem Mendadak Supir Terkejut


mg2

Baca juga: Nonton Drama BL I Feel You Linger in the Air: Uncut Version Episode 8 Sub Indo Kapan Tayang? Jadwal Tayang dan Link Streaming Terbaru, No Sensor!

Pembangunan di Aceh selama ini cenderung terpusat di sekitar ibu kota provinsi, Banda Aceh. Hal ini mengakibatkan kesenjangan ekonomi yang signifikan di wilayah-wilayah yang berjarak jauh dari ibu kota tersebut, seperti Aceh Singkil yang terletak 640 km dari Banda Aceh.

Dengan luas wilayah mencapai 56.839,09 km² dan jumlah penduduk mencapai 5.407.855 jiwa pada tahun 2022, Aceh memiliki tantangan besar dalam meratakan pembangunan.

Solusi pemekaran Aceh menjadi provinsi-provinsi baru telah muncul sejak tahun 2004, dengan puncaknya pada tahun 2008 ketika ratusan kepala desa dari daerah-daerah yang mendukung pemekaran melakukan aksi di Kantor DPR RI di Jakarta.

Pada skenario pemekaran tersebut, Subulussalam diusulkan sebagai ibu kota provinsi baru yang terbentuk dengan nama Aceh Leuser Antara (ALA). Untuk mengawal proses ini, Komite Persiapan Pembentukan Provinsi Aceh Leuser Antara (KP3ALA) pun telah dibentuk.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr