Asal Usul Nama Bondowoso yang Melengenda, Catat! Ada Kisah Sejarah yang Terlewat, Ternyata Ini Muasalnya

Asal Usul Nama Bondowoso yang Melengenda, Catat! Ada Kisah Sejarah yang Terlewat, Ternyata Ini Muasalnya

daerah-rizky s/unplash-

Sejarah dan Asal Usul Nama Bondowoso

Roro Jonggrang yang ingin menghindari pernikahan dengan Bondowoso karena tahu tugas tersebut mustahil diselesaikan, memberikan ide kepada masyarakat setempat.

Masyarakat kemudian menyalakan obor dan bersenandung untuk menipu Bondowoso agar percaya bahwa fajar sudah datang. Bondowoso percaya dan berhenti membangun, menganggap tugasnya sudah selesai.



adv

Ketika Bondowoso mengetahui bahwa dia telah dipermainkan, dia marah. Dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung candi. Roro Jonggrang pun berubah menjadi patung candi terakhir yang tidak selesai. Inilah salah satu legenda yang menginspirasi nama Bondowoso.

Nama Bondowoso diambil dari bahasa Jawa, di mana "Bondowoso" secara harfiah berarti "tidak dapat diselesaikan." Nama ini merujuk kepada tugas yang mustahil yang diberikan oleh Raja Brawijaya V kepada Bondowoso, yaitu membangun seribu candi dalam semalam, yang tidak dapat diselesaikan olehnya.

Sejarah dan asal usul nama Bondowoso terkait erat dengan legenda tentang Roro Jonggrang, Raja Brawijaya V, dan Bondowoso.


mg2

Nama Bondowoso berasal dari tugas mustahil yang diberikan kepada Bondowoso untuk membangun seribu candi dalam semalam, yang kemudian tidak dapat diselesaikan dan menghasilkan nama yang mengandung makna "tidak dapat diselesaikan." Legenda ini menjadi salah satu cerita yang memperkaya budaya dan sejarah Jawa Timur, Indonesia.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr