Asal Usul Nama Bondowoso yang Melengenda, Catat! Ada Kisah Sejarah yang Terlewat, Ternyata Ini Muasalnya

Asal Usul Nama Bondowoso yang Melengenda, Catat! Ada Kisah Sejarah yang Terlewat, Ternyata Ini Muasalnya

daerah-rizky s/unplash-

RIVAL.co.id - Asal Usul Nama Bondowoso yang Melengenda, Catat! Ada Kisah Sejarah yang Terlewat, Ternyata Ini Muasalnya. 

Kota Bondowoso adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Asal usul nama Bondowoso berhubungan erat dengan legenda dan sejarah dari daerah tersebut.



adv

Asal usul nama Bondowoso dikaitkan dengan legenda yang melibatkan Raja Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit, yang berkuasa pada abad ke-15 Masehi.

Menurut legenda, Raja Brawijaya V memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Roro Jonggrang menjadi tokoh utama dalam cerita ini.

Roro Jonggrang adalah seorang putri yang cerdas dan cantik. Suatu hari, seorang pemuda bernama Bondowoso datang ke kerajaan Majapahit dan jatuh cinta pada Roro Jonggrang.


mg2

Ia meminta izin kepada Raja Brawijaya V untuk menikahi putrinya.

Raja Brawijaya V mengizinkan pernikahan tersebut dengan satu syarat yang sulit dipenuhi oleh Bondowoso. Raja menantang Bondowoso untuk membangun seribu candi dalam semalam sebagai mahar pernikahan. Raja berharap Bondowoso akan gagal dalam tugas yang mustahil tersebut.

Baca juga: Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

Baca juga: Jarang Disebut Kota Kecil Seluas 33,73 Km Ini Punya Fakta Menarik, Kenapa Madiun Dijuluki Kota Gadis?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr