Waduh! Kota Terbesar Aceh Dikembangkan Menjadi Ibu Kota Provinsi Baru dengan Keterlibatan 6 Wilayah Tetangga?

Waduh! Kota Terbesar Aceh Dikembangkan Menjadi Ibu Kota Provinsi Baru dengan Keterlibatan 6 Wilayah Tetangga?

daerah-raihan-aziz/unplash-

Namun, hingga saat ini, usulan pemekaran Aceh menjadi Aceh Leuser Antara (ALA) belum terealisasi. Salah satu alasan utamanya adalah penolakan dari anggota DPR Aceh, Zainal Abidin Husain, dengan alasan pertentangan dengan UU Pemerintahan Aceh yang telah ada.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan, perlu dicatat bahwa ada faktor lain yang memperumit pemekaran Aceh.



adv

Salah satunya adalah kesepakatan MoU Helsinki, yang merupakan hasil kesepakatan antara pemerintah dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dilakukan di Helsinki, Finlandia. Kesepakatan ini telah menetapkan wilayah-wilayah yang akan menjadi bagian dari Provinsi Aceh.

Baca juga: SPOILER Nonton Knowing Bros Episode 404 Sub Indo Tayang Kapan? Intip Sinopsis, Link Download Terbaik hingga Daftar Nama Asli Pemain

Baca juga: Nonton Drama BL I Feel You Linger in the Air: Uncut Version Episode 8 Sub Indo Kapan Tayang? Jadwal Tayang dan Link Streaming Terbaru, No Sensor!


mg2

Meskipun demikian, meski tidak sekuat sebelumnya, wacana mengenai pembentukan Aceh Leuser Antara (ALA) kembali muncul. Enam daerah, yaitu Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Bener Meriah, dan Gayo Lues, telah menginisiasi usulan pemekaran Aceh menjadi ALA.

Dengan berbagai pertimbangan, daerah-daerah ini berharap agar Aceh dapat meraih pembangunan yang lebih merata, dengan ibu kota baru yang berada lebih dekat dengan wilayah mereka.

Meski perjalanan menuju pemekaran Aceh masih penuh tantangan dan hambatan, harapan untuk mengatasi ketimpangan pembangunan di wilayah ini tetap menjadi salah satu topik yang menarik untuk diikuti.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr