Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

daerah-jc-gelidon/unplash-

Rival.co.id - Pemekaran Aceh Menuju Aceh Leuser Antara, Mengatasi Kesenjangan Pembangunan dengan Langkah Inovatif, Begini Caranya!

Wacana pemekaran Aceh menjadi provinsi baru telah menghangat selama beberapa tahun terakhir. Dalam konteks ini, sebuah konsep menarik muncul: apakah kota terluas di Aceh siap menjadi ibu kota provinsi baru dengan melibatkan daerah sekitarnya?



adv

Aceh, provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia, telah menjadi sorotan dalam isu pembangunan yang tidak merata.

Baca juga: Jarang Disebut Kota Kecil Seluas 33,73 Km Ini Punya Fakta Menarik, Kenapa Madiun Dijuluki Kota Gadis?

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Rombongan Bus SMPN 3 Depok di Tol Cipali, Bus Rem Mendadak Supir Terkejut


mg2

Baca juga: Nonton Drama BL I Feel You Linger in the Air: Uncut Version Episode 8 Sub Indo Kapan Tayang? Jadwal Tayang dan Link Streaming Terbaru, No Sensor!

Banyak yang berpendapat bahwa pembangunan cenderung terfokus di sekitar ibu kota provinsi, Banda Aceh, sehingga wilayah-wilayah terpencil di Aceh mengalami ketidaksetaraan ekonomi yang signifikan.

Jarak yang jauh antara Banda Aceh dan kabupaten-kabupaten terpencil seperti Aceh Singkil, yang berjarak hingga 640 km di sebelah timur, menjadi hambatan utama dalam upaya meratakan pembangunan di wilayah pesisir barat dan timur Aceh.

Dengan luas wilayah mencapai 56.839,09 km² dan terbagi menjadi 18 kabupaten dan 5 kotamadya, Aceh adalah tantangan besar bagi pemerintah provinsi untuk menjalankan pembangunan yang merata.

Maka, tidak mengherankan jika gagasan pemekaran Aceh menjadi provinsi baru telah muncul sejak tahun 2004 dan mencapai puncak perhatian pada tahun 2008.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr