Kota Pendekar Jawa Timur Ini Punya Asal Usul Nama Unik, Sejarah Madiun Bikin Warganya Pangling Gak Percaya

Kota Pendekar Jawa Timur Ini Punya Asal Usul Nama Unik, Sejarah Madiun Bikin Warganya Pangling Gak Percaya

daerah-jonass-hoss/unplash-

Asal usul nama Madiun 

Kota ini memiliki banyak cerita untuk diceritakan, dan setiap julukan dan fakta menariknya hanya menambah kekayaan dan keunikan Madiun dalam panorama Indonesia yang lebih luas.

Jadi, jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Madiun, pastikan untuk menjelajahi semua pesona dan keajaiban yang ditawarkannya.



adv

Namun, Madiun bukan hanya tentang julukan dan hari jadi. Kota ini memiliki sejumlah fakta menarik yang memberikan gambaran lebih mendalam tentang sejarah dan budayanya. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Madiun. 

Baca juga: Kapan Drama Filipina Halo-Halo X (2023) Ditayangkan? Update Jadwal Tayang Serial Hot yang Dibintangi Aktris Cantik Jelita

Baca juga: Sempat Viral Petanis Asal Korea Selatan Kwon Soon Woo Tantrum di Asian Games 2023, Kini DIkabarkan Putus dari Yubin Eks Wonder Girl


mg2

Nama "Madiun" memiliki asal usul yang menarik. Pada tahun 1686, kekuasaan Kabupaten Purabaya (nama awal Madiun) diserahkan oleh Bupati Pangeran Timur (Panembahan Rangga Jumena) kepada putrinya, Raden Ayu Retno Dumilah.

Namun, sejarah ini juga mencatat bahwa pada tahun 1590, Mataram menyerang Purbaya dan merebut Pusaka Tundung Madiun, yaitu senjata berupa keris yang dipercayai memiliki kekuatan luar biasa.

Akibat peristiwa ini, pada tanggal 16 November 1590, nama "Purbaya" diganti menjadi "Madiun."

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr