Mengenal Fakta Pasuruan Tempat Kelahiran Pahlawan, 3 Hal Unik Kota Pesantren yang Jarang Diketahui

Mengenal Fakta Pasuruan Tempat Kelahiran Pahlawan, 3 Hal Unik Kota Pesantren yang Jarang Diketahui

pasuruan--

RIVAL.co.id - Mengenal Fakta Pasuruan Tempat Kelahiran Pahlawan, 5 Hal Unik Kota Pesantren yang Jarang Diketahui. 

Pasuruan, sebuah kabupaten dan kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, bukan hanya dikenal sebagai Kota Santri karena keberlimpahan pesantren dan ulama yang berasal dari daerah ini.



adv

Kota ini juga memiliki sejumlah fakta menarik yang membuatnya istimewa. Mari kita kupas lebih dalam mengenai beberapa fakta menarik tentang Kota Pasuruan yang jarang diketahui banyak orang.

Fakta menarik Pasuruan Jawa Timur

1. Kota Kelahiran Pejuang Kemerdekaan
Pasuruan bangga menjadi kota kelahiran banyak pejuang kemerdekaan. Salah satu pahlawan yang lahir di sini adalah Douwes Dekker.

Douwes Dekker adalah salah satu pendiri Indische Partij, partai politik pertama yang menuntut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Selain sebagai pejuang kemerdekaan, ia juga seorang wartawan, aktivis, dan penulis yang sangat kritis terhadap kolonialisme Belanda.


mg2

Dalam sejarahnya yang cemerlang, Douwes Dekker menulis buku terkenal berjudul "Max Havelaar". Buku ini berisi kritik tajam terhadap sistem tanam paksa yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda di Indonesia pada abad ke-19.

Karya ini menjadi tonggak penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan juga dikenal di tingkat internasional.

Baca juga: Air Terjun Terbesar di Jawa Timur Ini Cuma Dibuka 1 Suro? Fakta Menarik Nganjuk yang Bikin Merinding sampai Kagum Ada Disini

Baca juga: Biodata dan Profil Habib Muhammad Alex Al Hamid, Profil Ulama Kasyaf asal Probolinggo yang Dijadikan Stiker WhatsApp dan DIshare Netizen

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr