Bikin Kaget! Asal Usul Nama Nganjuk Jawa Timur Ternyata Berasal dari Jawa Kuno Artinya Ini, Bisa Tebak Apa?

Bikin Kaget! Asal Usul Nama Nganjuk Jawa Timur Ternyata Berasal dari Jawa Kuno Artinya Ini, Bisa Tebak Apa?

ILUSTRASI-Lisanto/unplash-

 

Fakta Menarik Nganjuk Jawa Timur 

1. Penghasil Bawang Merah Terbesar di Jawa Timur
Nganjuk membanggakan dirinya sebagai penghasil bawang merah terbesar di Jawa Timur. Sektor pertanian, khususnya budidaya bawang merah, telah menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat di sebagian besar wilayah Nganjuk. Keahlian dalam menanam dan merawat bawang merah telah menjadi tradisi turun temurun di sini. Hal ini membuat Nganjuk menjadi sumber utama pasokan bawang merah bagi Jawa Timur dan bahkan wilayah sekitarnya.

2. Upacara di Air Terjun Setiap 1 Suro
Salah satu daya tarik alam Nganjuk adalah keberadaan air terjun yang indah, seperti Air Terjun Sedudo. Di tempat ini, masyarakat setempat menjalankan sebuah upacara yang dikenal sebagai Parna Prahista. Upacara ini adalah bukti kuat akan kekayaan budaya dan spiritual yang masih dijaga dengan erat oleh penduduk Nganjuk.



adv

Upacara Parna Prahista ini secara tradisional diadakan setiap 1 Suro dalam kalender Jawa. Selama upacara ini, orang-orang percaya bahwa mandi di Air Terjun Sedudo pada tanggal tersebut akan memberikan berkah awet muda dan keberuntungan. Ritual ini mencerminkan hubungan yang erat antara masyarakat Nganjuk dan alam sekitarnya.

Baca juga: Siapa Edward Tannur? Ayah dari Pelaku Pembunuhan Wanita Muda di Surabaya, Profilnya Jadi Pencarian Ternyata Segini Harta Kekayaannya

Baca juga: Viral Skandal Aktor Korea Choi Hyun Wook Buang Putung Rokok Sembarangan hingga Gandeng Tangan Wanita, Knetz Geram


mg2

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr