Air Terjun Terbesar di Jawa Timur Ini Cuma Dibuka 1 Suro? Fakta Menarik Nganjuk yang Bikin Merinding sampai Kagum Ada Disini

Air Terjun Terbesar di Jawa Timur Ini Cuma Dibuka 1 Suro? Fakta Menarik Nganjuk yang Bikin Merinding sampai Kagum Ada Disini

daerah-berna-tosun/pexels-

RIVAL.co.id - Air Terjun Terbesar di Jawa Timur Ini Cuma Dibuka 1 Suro? Fakta Menarik Nganjuk yang Bikin Merinding sampai Kagum Ada Disini. 

Nganjuk, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang.



adv

Kabupaten yang memiliki luas wilayah mencapai 1.182,64 kilometer persegi ini terdiri dari 20 dinas, 20 kecamatan, dan 284 desa.

Mayoritas penduduk Nganjuk adalah suku Jawa, dan bahasa Jawa merupakan alat komunikasi yang umum digunakan di sana.

Sejarah Nganjuk juga kaya akan peristiwa menarik. Pada zaman Kerajaan Medang, Nganjuk dikenal dengan sebutan Anjuk Ladang, yang berarti "Tanah Kemenangan."


mg2

Pada saat itu, wilayah ini terbagi menjadi empat daerah, yaitu Berbek, Godean, Nganjuk, dan Kertosono. Setelah Kerajaan Medang runtuh, wilayah Nganjuk dikuasai oleh Belanda dan Kasultanan Yogyakarta.

Secara geografis, Nganjuk berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di bagian utara, Kabupaten Jombang di bagian timur, Kabupaten Ponorogo di selatan, dan Kabupaten Madiun di barat. Wilayah ini memiliki iklim tropis basah dan kering yang dipengaruhi oleh pergerakan angin muson.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Rombongan Bus SMPN 3 Depok di Tol Cipali, Bus Rem Mendadak Supir Terkejut

Baca juga: Biodata dan Profil Habib Muhammad Alex Al Hamid, Profil Ulama Kasyaf asal Probolinggo yang Dijadikan Stiker WhatsApp dan DIshare Netizen

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr