Kota Ini Bakal Jadi Calon Ibukota Jawa Utara: Gak Main-main Jadi Wilayah Terkaya se-Jateng Tembus Rp 88 Juta

Kota Ini Bakal Jadi Calon Ibukota Jawa Utara: Gak Main-main Jadi Wilayah Terkaya se-Jateng Tembus Rp 88 Juta

Peta Jawa Tengah-map data/google-

Fakta unik Kudus 

Kudus juga memiliki daya tarik pariwisata yang signifikan. Keindahan alam, budaya, dan tradisi unik membuatnya menjadi destinasi yang menarik.

Pantai Kartini, Masjid Menara Kudus, dan berbagai situs bersejarah menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung.



adv

Tidak hanya itu, Kudus juga memiliki sejarah yang kaya dalam perkembangan agama Islam pada abad pertengahan.

Terdapat tiga makam wali atau sunan yang terdapat di wilayah ini, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Ketiga makam ini menjadi tujuan ziarah dan tempat ibadah bagi umat Islam.

Kudus memiliki luas wilayah sekitar 425,15 km persegi dan terkenal sebagai kota penghasil rokok atau kretek terbesar di Jawa Tengah.


mg2

Terlepas dari prestasinya dalam industri rokok, Kudus juga memiliki potensi besar untuk terus berkembang dalam berbagai sektor.

Baca juga: Mengapa Sungai Eufrat Mengering? Mengulik Faktor Penyebab Sungai Bersejarah Ini Muncul Gunung Emas, Pertanda Buruk?

Baca juga: 6 Fakta Menarik Jayapura yang Jarang Diketahui! Gak Punya Kecamatan hingga Ada Satu Bukit Jokowi, Wah Apa Tuh?

Sebelumnya, telah ada usulan pemekaran Provinsi Jawa Utara dari wilayah Jawa Tengah yang melibatkan 6 kabupaten, termasuk Kabupaten Kudus.

Kabupaten Kudus diusulkan menjadi ibukota baru Provinsi Jawa Utara, yang menunjukkan potensi pertumbuhan dan pengembangan yang besar.

Dalam catatan yang perlu diingat, meskipun ada kabupaten-kabupaten yang kurang dikenal secara luas, seperti Kabupaten Kudus, mereka memiliki potensi ekonomi yang signifikan dan dapat memberikan kontribusi positif bagi wilayahnya dan negara secara keseluruhan.

Kabupaten Kudus memiliki populasi sekitar 852.443 jiwa dengan PDRB per kapita tahunan sebesar Rp 81.600.000, yang merupakan indikasi dari potensinya sebagai salah satu daerah yang kaya di Jawa Tengah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr