Potensi Ibukota Baru Hasil Pemekaran Sumatera Selatan Mulai dari Kekayaan Alam hingga Sumber Daya Manusia, Kota Lubuklinggau Bakal Terpilih?

Potensi Ibukota Baru Hasil Pemekaran Sumatera Selatan Mulai dari Kekayaan Alam hingga Sumber Daya Manusia, Kota Lubuklinggau Bakal Terpilih?

sumatera selatan -amran-alie/unplash-

Wacana hasil pemekaran 

Saat ini, usulan pembentukan Provinsi Sumsel Barat masih dalam tahap pembahasan, dan jika berhasil, akan menjadi pemekaran provinsi yang keempat di Sumsel.

Provinsi Sumsel saat ini mencakup 13 kabupaten dan 4 kota, dengan beberapa pemekaran tingkat kabupaten dan kota yang telah terjadi.



adv

Sebagai contoh, Kabupaten Banyuasin terbentuk setelah pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Lahat menjadi wilayah induk bagi Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagar Alam, dan juga pemekaran lainnya seperti Kabupaten Ogan Kemering Ilir (OKI) yang "melahirkan" Kabupaten Ogan Ilir.

Selain itu, masih ada rencana-rencana pemekaran wilayah tingkat kabupaten dan kota yang sedang dibahas di Provinsi Sumsel.

Salah satu contohnya adalah usulan pembentukan Kabupaten Kikim Area di wilayah induk Kabupaten Lahat, serta pembentukan Kabupaten Basemah yang merupakan penggabungan wilayah Kota Pagar Alam dengan sembilan kecamatan di Kabupaten Lahat bagian selatan.


mg2

Selain rencana pemekaran tingkat kabupaten dan kota, juga terdapat tiga wacana pemekaran provinsi baru yang sedang dalam pembahasan, yakni Provinsi Sumatera Tengah, Provinsi Musi Raya, dan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Barat.

Baca juga: Rayyanza Sakit Apa? Heboh Cipung Dirawat di Rumah Sakit, Nagita Slavina Beri Kabar Terbaru dan Terima Banyak Doa

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Terenak dan Murah di Pati Jawa Tengah Ternyata Warung Ini, Jangan Heran! Bisa Habis Ratusan Porsi Sehari

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr