Resep Legendaris Lontong Balap Khas Surabaya yang Gak Lekang Waktu, Bisa Coba di Rumah Buat Menu Makan Siang

Resep Legendaris Lontong Balap Khas Surabaya yang Gak Lekang Waktu, Bisa Coba di Rumah Buat Menu Makan Siang

lontong -rafly-alfaridy/unplash-

RIVAL.co.id - Resep Legendaris Lontong Balap Khas Surabaya yang Gak Lekang Waktu, Bisa Coba di Rumah Buat Menu Makan Siang. 

Lontong balap, sajian yang tak asing lagi bagi lidah para penikmat kuliner, merupakan salah satu kuliner khas yang bisa kamu temui di Surabaya.



adv

Hidangan ini terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, lento, bawang goreng, dan beberapa bahan lainnya yang membuatnya begitu lezat.

Ada cerita menarik di balik nama lontong balap ini. Konon, dulu kala, sajian lontong balap dijajakan oleh para pedagang menggunakan kendaraan khas yang disebut "kemaron."

Kendaraan ini terbuat dari tanah liat yang dibakar dengan teliti. Kemaron tersebut kemudian mereka pikul dan bawa berkeliling kota untuk menjual lontong balap.


mg2

Baca juga: Astaghfirullah! Sungai Terbesar di Dunia Ini Mengering hingga Bermunculan Gunung Emas, Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

++++

Para pedagang lontong balap ini punya gaya unik dalam menjualnya. Mereka berlomba-lomba untuk menarik perhatian pembeli di sepanjang perjalanan.

Hal ini membuat mereka harus berjalan dengan cepat agar dapat lebih dulu sampai ke calon pembeli. Kesan berlomba-lomba ini dalam bahasa Jawa disebut sebagai "balapan."

Dari situlah kemudian muncul nama kuliner ini, lontong balap. Kombinasi kata yang mencerminkan semangat persaingan di antara para penjualnya.

Untuk kamu yang penasaran dengan cita rasa lezat lontong balap khas Surabaya, tapi tak memiliki kesempatan untuk berkunjung langsung ke Surabaya, tak perlu khawatir.

Kamu bisa mencoba membuatnya di rumah dengan mengikuti resep yang diulas di kanal Youtube Ceceromed Kitchen.

Baca juga: Tersempit tapi Menawan! Mengulik Fenomena Daerah Tersepi di Provinsi Bengkulu, Masih Ada Destinasi Wisata?

Baca juga: Resep Rahasia Ayam Goreng Fiesta ala Supermarket Lebih Praktis dan Lezat, Pakai Bumbu Dapur Lengkap?

Resep Lontong Balap

Bahan lontong balap

Bahan-bahan lento kacang tolo:

- 150 gram kacang tolo
- 350 gram singkong parut
- 100 gram kelapa parut
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 4 sendok makan tepung tapioka

Bumbu yang dihaluskan untuk membuat lento:

- 1/2 sendok makan ketumbar butiran
- 1/2 sendok teh lada butiran
- 3 centimeter kencur
- 8 siung bawang putih
- 8 lembar daun jeruk
- minyak goreng secukupnya

Baca juga: Astaghfirullah! Sungai Terbesar di Dunia Ini Mengering hingga Bermunculan Gunung Emas, Pertanda Kiamat Sudah Dekat?

Baca juga: Bukan Hanya di Negara Lain! Indonesia Juga Punya Kota Tersepi Diantaranya Ada Surga Dunia, Berikut Bukti Keindahanya!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr