6 Fakta Menarik Jayapura yang Jarang Diketahui! Gak Punya Kecamatan hingga Ada Satu Bukit Jokowi, Wah Apa Tuh?

6 Fakta Menarik Jayapura yang Jarang Diketahui! Gak Punya Kecamatan hingga Ada Satu Bukit Jokowi, Wah Apa Tuh?

daerah-marian-florine/pexels-

4. Jembatan Youtefa, Kebanggaan Papua

Jembatan Youtefa adalah salah satu lambang kebanggaan masyarakat Papua karena menjadi jembatan terpanjang di Provinsi Papua.



adv

Sebagai markah tanah Papua yang sangat penting, jembatan ini diyakini akan berdiri kokoh hingga 100 tahun ke depan. Jembatan ini bahkan diabadikan dalam uang pecahan Rp75 ribu.

Dulunya dikenal sebagai Jembatan Holtekamp, namanya diganti menjadi Youtefa karena lokasinya yang menjulang di atas Teluk Youtefa. Keunikan lain dari jembatan ini adalah prestasinya dalam meraih dua rekor MURI, termasuk kategori pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Baca juga: Cek Syarat KUR BRI Mikro 2023, Mudah Cukup Daftar Online Dapatkan Nilai Limit Dana hingga Rp 500 Juta


mg2

5. Danau Imfote: Berbentuk Hati dan Pemenang Penghargaan

Danau Imfote, atau yang sering disebut Danau Love, memiliki bentuk hati yang menakjubkan. Banyak yang menyebutnya sebagai "telaga cinta." Dikelilingi oleh padang rumput hijau yang menawan, perjalanan menuju danau ini saja sudah bisa memanjakan mata.

Keindahan Danau Love pernah mendapatkan penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019, dan bahkan berhasil menjadi pemenang kedua untuk kategori Destinasi Baru Terpopuler. Selain itu, danau ini juga meraih beberapa gelar prestisius lainnya, termasuk Juara Terfavorit dan Juara Umum di API Awards 2019.

Baca juga: Cara Klaim Link DANA Kaget dengan Mudah dan Cepat Anti Ribet, Mau Tau Tutorial Lengkapnya? Berikut Langkah Pertama Wajib Diterapkan!

6. Papeda: Kuliner Khas Jayapura

Papeda adalah makanan khas Jayapura yang telah menjadi familiar bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini memiliki bentuk unik yang mirip dengan jelly dan terbuat dari bahan dasar sagu.

Teksturnya yang kenyal dan lengket membuatnya cocok dinikmati bersama dengan tongkol yang dibumbui kunyit. Tapi, papeda tidak hanya tentang rasanya yang lezat.

Makanan ini juga membawa tradisi unik di Jayapura, yaitu makan bersama dari satu piring dengan anggota keluarga lain. Ini adalah simbol dari tradisi penyimpanan cerita untuk generasi mendatang. Jadi, selain menikmati kuliner lezat, Anda juga bisa merasakan warisan budaya yang berharga.

Jayapura, dengan beragam destinasi menarik dan budaya yang unik, adalah tempat yang patut dikunjungi di Indonesia. Selain itu, fakta-fakta menarik seperti Bukit Jokowi, Danau 22 Pulau, dan tradisi makan Papeda menambah daya tarik kota ini sebagai tujuan wisata yang tak terlupakan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr