6 Fakta Menarik Jayapura yang Jarang Diketahui! Gak Punya Kecamatan hingga Ada Satu Bukit Jokowi, Wah Apa Tuh?

6 Fakta Menarik Jayapura yang Jarang Diketahui! Gak Punya Kecamatan hingga Ada Satu Bukit Jokowi, Wah Apa Tuh?

daerah-marian-florine/pexels-

RIVAL.co.id - 6 Fakta Menarik Jayapura yang Jarang Diketahui! Gak Punya Kecamatan hingga Ada Satu Bukit Jokowi, Wah Apa Tuh?

Nama "Jayapura" memiliki asal usul yang terkait dengan sejarah pendirian kota ini di wilayah Papua, Indonesia.



adv

Jayapura adalah ibu kota dari Provinsi Papua dan terletak di pantai utara Pulau Papua. Nama "Jayapura" sendiri memiliki arti positif yang mencerminkan semangat perjuangan dan kemerdekaan.

Sejarah pembentukan Kota Jayapura dapat ditelusuri hingga masa pendudukan Jepang selama Perang Dunia II. Saat itu, Jepang menduduki wilayah Papua dan membangun pangkalan militer di daerah tersebut. Namun, setelah Jepang menyerah pada tahun 1945, wilayah Papua dikuasai oleh Belanda.

Pada tanggal 1 Desember 1961, dilakukan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Papua oleh para pemimpin Papua di lapangan Yotefa, yang kini dikenal sebagai lapangan kemerdekaan.


mg2

Pada tahun yang sama, Belanda dan Indonesia mulai memasuki perundingan untuk masa depan Papua.

Baca juga: Bukan Hanya di Negara Lain! Indonesia Juga Punya Kota Tersepi Diantaranya Ada Surga Dunia, Berikut Bukti Keindahanya!

Baca juga: Kota Termacet di Dunia Ternyata Ada di Surabaya? Simak Fakta Menarik Ibukota Jawa Timur yang Bikin Melongo, Pasti Kaget!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr