Bukan Jayapura Namanya Dulu Hollandia, Kok Bisa? Simak Sejarah dan Asal Usul Nama Ibukota Papua yang Bikin Tambah Ilmu

Bukan Jayapura Namanya Dulu Hollandia, Kok Bisa? Simak Sejarah dan Asal Usul Nama Ibukota Papua yang Bikin Tambah Ilmu

ILUSTRASI -hafizh-maryansyah/unplash-

RIVAL.co.id - Bukan Jayapura Namanya Dulu Hollandia, Kok Bisa? Simak Sejarah dan Asal Usul Nama Ibukota Papua yang Bikin Tambah Ilmu. 

Jayapura, ibu kota Provinsi Papua yang terletak di ujung timur Indonesia, adalah sebuah kota yang memiliki sejarah yang menarik dan berbagai fakta menarik yang patut ditemukan.



adv

Kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri Kerajaan Belanda F.J.P Sachse pada tanggal 7 Maret 1910.

Namun, sebelum dikenal dengan nama Jayapura, kota ini telah mengalami perubahan nama yang menarik seiring dengan perkembangan sejarahnya.

Pada awalnya, saat masih di bawah pemerintahan Belanda, kota ini dikenal sebagai "Hollandia." Pada masa ini, Jayapura hanya merupakan sebuah kota distrik dari tahun 1910 hingga 1962.


mg2

Kemudian, saat Belanda menyerahkan Irian Jaya (nama Papua saat itu) kepada UNTEA (United Nations Temporary Executive Authority), nama kota ini diubah menjadi "Kota Baru." Meskipun begitu, perubahan nama ini tidak bertahan lama dan segera diganti menjadi "Soekarnopura."

Baca juga: Tidak Tega Dijual? Inilah Resep Puding Setup Cantik Mangga, Kelezatan yang Menggoda Cocok Buat Ide Bisnis Kuliner

Baca juga: Kota Termacet di Dunia Ternyata Ada di Surabaya? Simak Fakta Menarik Ibukota Jawa Timur yang Bikin Melongo, Pasti Kaget!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr