Kenapa Disebut Wilayah Khatulistiwa? Fakta Menarik Pontianak yang Banyak Orang Gak Tahu, Nomor 2 Bikin Geger

Kenapa Disebut Wilayah Khatulistiwa? Fakta Menarik Pontianak yang Banyak Orang Gak Tahu, Nomor 2 Bikin Geger

Ilustrasi- jplenio/pixabay-

RIVAL.co.id - Kenapa Disebut Wilayah Khatulistiwa? Fakta Menarik Pontianak yang Banyak Orang Gak Tahu, Nomor 2 Bikin Geger. 

Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, adalah salah satu kota yang dipenuhi dengan pesona dan memiliki banyak julukan menarik.



adv

Selain dikenal sebagai "Kota Khatulistiwa" karena dilewati oleh garis khatulistiwa, Pontianak juga dikenal sebagai "Kota Seribu Parit" dan "Pontianak Kota Bersinar."

Dengan luas wilayahnya mencapai 107,82 kilometer persegi dan populasi yang terus berkembang, Pontianak adalah salah satu kota yang penuh dengan kekayaan budaya, sejarah, dan alam.

Kota Pontianak memiliki sejarah panjang yang dimulai ketika Syarif Abdurrahman Alkadrie mendirikannya pada 23 Oktober 1771.


mg2

Baca juga: Resep Rahasia Ayam Goreng Fiesta ala Supermarket Lebih Praktis dan Lezat, Pakai Bumbu Dapur Lengkap?

Baca juga: Kota Termacet di Dunia Ternyata Ada di Surabaya? Simak Fakta Menarik Ibukota Jawa Timur yang Bikin Melongo, Pasti Kaget!

Tanggal ini menjadi tonggak sejarah berdirinya kota ini yang ditandai dengan pembukaan hutan. Sejak itu, Pontianak telah tumbuh menjadi pusat perdagangan dan industri di Kalimantan Barat.

Pontianak terkenal dengan Tugu Khatulistiwa yang menandai garis khatulistiwa. Setiap tahun, pengunjung dari seluruh dunia datang ke Pontianak untuk menyaksikan fenomena alam langka ini.

Kulminasi matahari, yang terjadi pada bulan Maret dan September, adalah momen ketika bayangan benda yang tegak lurus menghilang.

Selain menjadi atraksi alam, kulminasi matahari juga menjadi tanda awal perubahan iklim di Indonesia.

Baca juga: Pinjaman KUR Mandiri Pastikan Tidak Masuk Daftar Hitam, Apa Maksudnya? Cek Syarat dan Kentuan Pinjaman UMKM

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr