Loh Awalnya Bukan Surabaya? Asal Usul Nama Ibukota Jawa Timur Ternyata dari Legenda Ini, Cek Sejarah dan Fakta Menarik

Loh Awalnya Bukan Surabaya? Asal Usul Nama Ibukota Jawa Timur Ternyata dari Legenda Ini, Cek Sejarah dan Fakta Menarik

Ilustrasi 49 KM dari Pusat Kota, Jalan Ekstrem di Jogja yang Melebihi Cinomati, Lewat Sini Bikin Dag Dig Dug!-tawatchai07/freepik-

RIVAL.co.id - Loh Awalnya Bukan Surabaya? Asal Usul Nama Ibukota Jawa Timur Ternyata dari Legenda Ini, Cek Sejarah dan Fakta Menarik. 

Nama Surabaya memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dan asal usulnya berkaitan dengan legenda dan peristiwa sejarah yang menarik.



adv

Beberapa teori dan versi mengenai asal usul nama Surabaya telah ada selama berabad-abad, dan di antaranya adalah. 

Salah satu legenda yang paling terkenal tentang asal usul nama Surabaya adalah kisah Sura Abaya. Menurut legenda ini, ada dua makhluk raksasa, yaitu Sura dan Baya, yang hidup di daerah yang sekarang menjadi Surabaya.

Sura adalah seekor ikan raksasa, sementara Baya adalah buaya raksasa. Keduanya sering membuat masalah bagi nelayan dan penduduk setempat.


mg2

Baca juga: Kota Termacet di Dunia Ternyata Ada di Surabaya? Simak Fakta Menarik Ibukota Jawa Timur yang Bikin Melongo, Pasti Kaget!

Baca juga: Fakta Menarik Semarang yang Asyik Dibahas! Ada Tempat Legendaris Ibukota Jateng yang Belum Banyak Diketahui

Untuk mengatasi ancaman ini, seorang pemuda bernama Jaka Sura memutuskan untuk menghadapi makhluk tersebut.

Setelah berjuang keras, Jaka Sura berhasil membunuh Sura dan Baya. Sebagai penghormatan atas pengorbanannya, daerah ini kemudian diberi nama "Sura-baya," yang berarti "tempat Sura dan Baya dibunuh." Nama ini kemudian berkembang menjadi Surabaya.

Teori lain mengaitkan asal usul nama Surabaya dengan dua tokoh, yaitu Suro dan Boyo.

Suro adalah pemimpin suku dan Boyo adalah seorang pandai besi. Mereka bersaing untuk mendapatkan hati seorang putri cantik.

Namun, putri itu lebih memilih Boyo. Suro merasa sakit hati dan akhirnya membunuh Boyo.

Dalam bahasa Jawa, "Suro" berarti "berkepala besar," sementara "Boyo" berarti "berkepala kecil." Nama "Surabaya" kemungkinan berasal dari konflik antara Suro dan Boyo ini.

Baca juga: BPJS Kesehatan Mengenalkan Program Pembayaran Bertahab (REHAB) untuk Memudahkan Peserta JKN-KIS, Biaya Gratis?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr