Ada dengan Oktober Tahun 1582? Viral, Kalender Hilang 10 Hari di Bulan Kesepuluh, Jawaban Misteri Mulai Terungkap

Ada dengan Oktober Tahun 1582? Viral, Kalender Hilang 10 Hari di Bulan Kesepuluh, Jawaban Misteri Mulai Terungkap

kalender-tigerlily713/pixabay-

RIVAL.co.id - Ada dengan Oktober Tahun 1582? Viral, Kalender Hilang 10 Hari di Bulan Kesepuluh, Jawaban Misteri Mulai Terungkap. 

Pada bulan Oktober tahun 1582, terjadi fenomena unik di kalender yang memicu pertanyaan dan rasa penasaran banyak orang.



adv

Tepatnya pada Kamis, 4 Oktober 1582, kalender melompat tiba-tiba ke Jumat, 15 Oktober 1582, dengan tiba-tiba menghilangkan 10 hari dari catatan waktu.

Bagaimana bisa 10 hari tiba-tiba lenyap begitu saja?

Alasannya adalah pergantian kalender yang signifikan pada saat itu. Sebelum perubahan ini, beberapa negara menggunakan Kalender Julian yang memiliki perbedaan perhitungan waktu dengan kalender modern yang kita kenal saat ini, yaitu Kalender Gregorian.


mg2

Kalender Julian pertama kali diperkenalkan oleh Julius Caesar pada 1 Januari 45 SM. Kalender ini memiliki tahun dengan 365 hari dan tahun kabisat dengan tambahan satu hari, sehingga ada 366 hari.

Namun, perhitungan waktu yang kompleks dan tidak akurat menyebabkan ketidaksesuaian dengan musim alamiah.

Baca juga: Sukses dengan CKJB Kini Pemerintah Optimis Buat Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Diprediksi Bisa Tempuh Hanya 3,5 Jam Saja

Baca juga: Dilraba Dilmurat Kepergok Lakukan Hal Tak Senonoh di Bar, Benarkah Dia? Manajer Bantah Tegas Skandal Seks Sang Aktris

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr