Mengungkap Sederet Fakta Tersebunyi Pacitan, Kota Berjuluk Seribu Goa, No 2 Bikin Bangga Masyarakat Lokal

Mengungkap Sederet Fakta Tersebunyi Pacitan, Kota Berjuluk Seribu Goa, No 2 Bikin Bangga Masyarakat Lokal

Pacitan--

Baca juga: Langsung Baca Mr. Baek Chapter 43 Sub Indo, Lengkap Update Baek XX Chapter Terbaru Bahasa Indonesia

3. Pantai-pantai Indah yang Memukau

Berkat letak geografisnya di pantai selatan Pulau Jawa, Pacitan memiliki deretan pantai yang indah dengan pasir putih, salah satunya adalah Pantai Klayar.



adv

Pantai Klayar dikenal dengan batuan karangnya yang menyerupai patung Sphinx, sehingga mendapatkan julukan "Sphinx van Java".

Di pantai ini juga terdapat fenomena alam unik, yaitu lubang karang yang disebut "seruling samudra". Ketika ombak besar datang, lubang tersebut akan menyemburkan air dan menghasilkan suara seperti seruling.

Baca juga: Kres Gurih Keripik Kaca Khas Bandung Ala Mang Mursid Gampang Banget! Bisa Pakai Bahan dari Rumah Gak Usah Belanja


mg2

Baca juga: BIODATA Kopda Andrianto, Oknum TNI AL yang Tega Bakar dan Bunuh Istri Bersama Selingkuhan di Bangkalan

4. Kuliner Khas Tiwul dan Gaplek

Tiwul dan gaplek adalah kuliner khas yang juga berfungsi sebagai alternatif pengganti nasi bagi masyarakat di daerah-daerah seperti Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan, dan Blitar.

Makanan ini, yang terbuat dari singkong, telah menjadi bagian dari pola makan masyarakat sejak masa pendudukan Jepang dan tetap populer hingga saat ini.

Meskipun sering kali dianggap sebagai makanan khas untuk warga miskin di daerah yang kurang subur, tiwul dan gaplek memiliki citarasa yang istimewa yang terus dihargai oleh penduduk setempat.

Bahkan, makanan ini sering dijadikan oleh-oleh untuk mengenang cita rasa masakan sederhana ala kampung halaman.

Saat ini, tiwul biasanya disajikan dengan beragam lauk pauk bergizi, sedangkan gaplek dihidangkan dengan berbagai macam topping yang berbeda.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr