Nama dan Asal Usul Gorontalo Ini Bikin Penasaran! Ternyata Berasal dari Bahasa Daerah Artinya Ini Loh, Banyak yang Gak Nyangka

Nama dan Asal Usul Gorontalo Ini Bikin Penasaran! Ternyata Berasal dari Bahasa Daerah Artinya Ini Loh, Banyak yang Gak Nyangka

Ilustrasi-kasia/unplash-

Asal usul nama Gorontalo 

Terdapat juga beberapa versi lain mengenai asal-usul nama Gorontalo dan maknanya:

Hulontalangi, dalam bahasa lokal, memiliki arti "lembah yang mulia." Ini terdiri dari dua kata, "Huluntu" yang berarti lembah dan "Langi" yang berarti mulia. Jadi, Hulontalangi secara harfiah berarti "Lembah yang Mulia."



adv

Selain itu, ada juga versi lain yang mengartikan Hulontalangi sebagai "daratan yang tergenang air." Dalam hal ini, "Huntu" berarti daratan, dan "Langi-langi" berarti tergenang. Jadi, Hulontalangi bisa diartikan sebagai "Daratan yang Tergenang Air."

Baca juga: Sosok Legendaris Charlie Chaplin Pernah ke Sini! Ini Fakta Menarik Kota Intan, Garut yang Bikin Penasaran

Baca juga: RESMI! TikTok Shop Umumkan Tutup Hari Ini Pukul 5 Sore, Gimana Nasib Paket Barang yang Belum Sampai?


mg2

Dalam sejarah Gorontalo, ada tiga gunung purba yang menjadi bagian dari Semenanjung Gorontalo: Gunung Malenggalila, Gunung Tilonggabila, dan satu gunung yang tidak memiliki nama tertentu.

Dari keberadaan tiga gunung ini, ada yang berpendapat bahwa asal-usul nama Gorontalo berasal dari kata "Huidu Totolu," yang berarti "tiga gunung."

Sejarah dan makna nama Gorontalo memberikan wawasan yang menarik tentang akar budaya dan identitas kota ini.

Baca juga: Hari Ini Tayang? Spoiler Drama Korea Destined With You Episode 13 Sub Indo HD: Link Nonton, Sinopsis Lengkap Daftar Nama Pemain

Dengan warisan yang kaya dan sejarah yang panjang, Gorontalo adalah destinasi yang mempesona untuk dijelajahi bagi siapa saja yang ingin lebih memahami kekayaan sejarah Indonesia.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr