Bukan Aceh Ternyata Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara Ini Julukannya Kota Serambi Madinah, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Lainnya

Bukan Aceh Ternyata Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara Ini Julukannya Kota Serambi Madinah, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Lainnya

daerah-shot-ed/unplash-

RIVAL.co.id - Bukan Aceh Ternyata Wilayah Pemekaran Sulawesi Utara Ini Julukannya Kota Serambi Madinah, Bisa Tebak Dimana? Cek Fakta Menarik Lainnya. 

Kota Gorontalo, sebuah destinasi eksotis di Provinsi Gorontalo, menawarkan lebih dari sekadar pemandangan indah Teluk Tomini.



adv

Dibalik keindahannya, terdapat sejumlah fakta menarik dan sejarah yang menambah pesona kota ini.

Sebelum menjadi bagian dari Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo adalah bagian dari Provinsi Sulawesi Utara. Dahulu, kota ini dikenal sebagai Kotapraja pada tahun 1960.

Pada 1999, dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, namanya berubah menjadi Kota Gorontalo, menandai transisi penting dalam sejarah administratif wilayah ini.


mg2

Kota Gorontalo membanggakan sejarahnya yang kaya. Dibentuk pada 18 Maret 1728 M, kota ini dianggap sebagai salah satu kota tertua di Sulawesi.

Baca juga: Ngalam Bareng? Yuk Cek Rekomendasi Tempat Wisata Danau di Lumajang yang Berasa Banget Alamnya, Healingmu Gak Rugi!

Baca juga: Pada Baru Tau Depok Tahun 1982 Ternyata Negara Baru? Simak Fakta Unik dan Menarik Wilayah Jakarta yang Dijuluki Kota Belimbing

Pada tanggal 16 Februari 2001, Kota Gorontalo diresmikan sebagai ibu kota Provinsi Gorontalo, menegaskan perannya yang semakin berkembang dalam sejarah modern Indonesia.

Kota Gorontalo dijuluki sebagai "Kota Serambi Madinah." Julukan ini tidak hanya merujuk pada dominasi mayoritas penduduk yang beragama Islam tetapi juga pada pengaruh Islam yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari dan budaya masyarakatnya.

Nilai-nilai keislaman tertanam dalam berbagai aspek, menciptakan lingkungan yang penuh toleransi dan keharmonisan.

Baca juga: Ngak Kalah dengan Instagram, WhatsApp Segera Terapkan Sistem Ganti Centang Hijau Jadi Biru

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr