Satu-satunya Provinsi yang Punya Istana Hanya Disini, Asal Usul Nama Riau Ini Bikin Merinding Pasti Banyak yang Belum Tahu

Satu-satunya Provinsi yang Punya Istana Hanya Disini, Asal Usul Nama Riau Ini Bikin Merinding Pasti Banyak yang Belum Tahu

daerah-rizky s/unplash-

RIVAL.co.id - Satu-satunya Provinsi yang Punya Istana Hanya Disini, Asal Usul Nama Riau Ini Bikin Merinding Pasti Banyak yang Belum Tahu. 

Dumai adalah sebuah kota yang berlokasi di Provinsi Riau, Indonesia, dengan jarak sekitar 201 km dari Kota Pekanbaru.



adv

Dumai memiliki ciri khas sebagai kota dengan wilayah administrasi terluas kedua di Indonesia berdasarkan statusnya sebagai kotamadya, hanya Kota Palangka Raya yang memiliki wilayah lebih luas daripada Dumai.

Sejarah Dumai berawal dari sebuah dusun kecil yang terletak di pesisir timur Provinsi Riau. Kota Dumai sendiri merupakan hasil dari pemekaran wilayah Kabupaten Bengkalis yang diresmikan sebagai kota pada tanggal 20 April 1999, berdasarkan Undang-Undang No. 16 tahun 1999.

Saat pertama kali didirikan, Kota Dumai hanya terdiri dari tiga kecamatan, 13 kelurahan, dan sembilan desa dengan jumlah penduduk yang terbatas, hanya sekitar 15.699 jiwa. Namun, perkembangan pesat telah terjadi sejak itu. Saat ini, Kota Dumai terdiri dari tujuh kecamatan dan 36 kelurahan.


mg2

Baca juga: Ramai di Sosmed! Apa yang Terjadi Jika Cincin Saturnus Menghilang? Ternyata Ini Asal Usul Pertama Kali Planet Terbentuk

Data tahun 2020 menunjukkan bahwa jumlah penduduk Kota Dumai telah mencapai sekitar 286.000 jiwa.

Masyarakat Dumai berasal dari berbagai suku bangsa, termasuk Melayu, Batak, Minang sebagai mayoritas, serta suku Jawa, Tionghoa, dan Bugis. Agama Islam adalah agama mayoritas yang dianut oleh penduduknya.

Asal usul nama "Dumai" juga memiliki cerita menarik. Menurut cerita rakyat yang berkembang, nama "Dumai" berasal dari kata "di lubuk" dan "umai" yang merujuk kepada sejenis binatang landak yang mendiami lubuk tersebut.

Seiring berjalannya waktu, kata-kata ini tergabung menjadi "d'umai" dan akhirnya menjadi "Dumai."

Baca juga: Coming Soon! Sinopsis Drama Korea A Good Day to Be a Dog, Tayang 11 Oktober 2023 Mendatang: Link Nonton Beserta Daftar Pemain Terlengkap!

Baca juga: Mengintip Lima Daerah Terkaya di Provinsi Jambi: Dari Kota Sungai Penuh Hingga Sarolangun, Siapa Paling Dominan?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr