Sepanjang 39 KM Jalan Tol di Jawa Tengah Ini Berujung Nganggur Selama 20 Tahun!

Sepanjang 39 KM Jalan Tol di Jawa Tengah Ini Berujung Nganggur Selama 20 Tahun!

Ilustrasi. Sepanjang 39 KM Jalan Tol di Jawa Tengah Ini Berujung Nganggur Selama 20 Tahun!-wirestock/freepik-

RIVAL.co.id - Telah dibangun sepanjang 39 KM, Jalan Tol Jawa Tengah ini berujung tidak difungsikan alias nganggur selama 20 tahun. 

Tak ada yang menduga bahwa akan ada sebuah ruas tol di Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan "mangkrak" selama 20 tahun.



adv

Alasan tol di Jawa Tengah ini terbengkalai ternyata disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masalah pembebasan lahan yang cukup rumit.

Sebagaimana kita ketahui, pembangunan jalan tol seringkali mengharuskan pemerintah mengambil alih lahan milik warga. Biasanya, pemerintah menggunakan skema ganti untung untuk memperoleh tanah yang terkena dampak proyek tersebut.

Baca juga: Keindahan yang Menantang, Bisa Menaklukkan Jalan Ekstrim di Sukabumi Ini? Panjangnya 300 Meter


mg2

Baca juga: Waterpark Terbengkalai Menyeramkan di Jawa Tengah, Tak Lagi Dijamah Manusia, Butuh Revitalisasi Hingga Rp22 Miliar!

Baca juga: Dulu Ramai, Kini Sepi! Memilukan Waterpark di Jawa Tengah, Dibangun 2006 Berakhir Terbengkalai

Tanah milik warga akan dibeli dengan harga yang cukup tinggi dari nilai pasar, agar warga bersedia menjualnya kepada pemerintah.

Namun, dalam praktiknya, pembebasan lahan adalah tugas yang sulit dilakukan. Banyak warga yang enggan menjual tanah mereka karena berbagai alasan.

Salah satunya adalah karena tanah tersebut merupakan lahan produktif yang menjadi sumber penghidupan mereka. Kendala ini menjadi penyebab utama mengapa ruas tol di Jawa Tengah, yang berjarak 93 km dari Semarang, tidak dapat segera direalisasikan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr