Depok Berasal dari Singkatan Bahasa Belanda Artinya Ini Loh, Bikin Syok! Pasti Gak Nyangka Diambil dari Nama Organisasi

Depok Berasal dari Singkatan Bahasa Belanda Artinya Ini Loh, Bikin Syok! Pasti Gak Nyangka Diambil dari Nama Organisasi

Ilustrasi Dulu Ramai, Kini Sepi! Memilukan Waterpark di Jawa Tengah, Dibangun 2006 Berakhir Terbengkalai -Jakob Owens/unsplash-

RIVAL.co.id - Depok Berasal dari Singkatan Bahasa Belanda Artinya Ini Loh, Bikin Syok! Pasti Gak Nyangka Diambil dari Nama Organisasi. 

Depok, Jakarta bukanlah kota yang memiliki sejarah panjang seperti beberapa kota tua di Indonesia, tetapi memiliki asal-usul yang menarik.



adv

Asal-usul dan nama "Depok" di Jakarta bisa ditilik dalam konteks sejarah kolonial Belanda dan perubahan-perubahan yang terjadi di wilayah ini.

Nama "Depok" berasal dari bahasa Belanda "de Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen" yang berarti "Organisasi Protestan Pertama bagi Orang Kristen."

Singkatnya, singkatan "Depok" digunakan sebagai pengganti nama panjang ini. Organisasi ini adalah organisasi Kristen pertama yang dibentuk di wilayah ini pada abad ke-18.


mg2

Baca juga: Loh Area Sawah di Denpasar Bisa Tembus hingga 100 Ha? Fakta Menarik Ibu Kota Bali Ini Bikin Penasaran Warganet, Belum Banyak yang Tahu

Baca juga: Ramai di Sosmed! Apa yang Terjadi Jika Cincin Saturnus Menghilang? Ternyata Ini Asal Usul Pertama Kali Planet Terbentuk

Pada abad ke-17, Belanda datang ke wilayah yang sekarang dikenal sebagai Jakarta dan sebagian besar Indonesia sebagai penjajah.

Mereka mendirikan Batavia (sekarang Jakarta) sebagai pusat administrasi kolonial mereka.

Beberapa pemukiman Belanda dan perkebunan dibangun di sekitar Jakarta. Salah satunya adalah pemukiman yang awalnya disebut "Kampung Nieuw Hoorn." Pemukiman ini tumbuh menjadi apa yang sekarang kita kenal sebagai Depok.

Cornelis Chastelein, seorang saudagar Belanda, membeli tanah di daerah ini pada abad ke-17.

Baca juga: KUR BCA Bunga Rendah hingga 6 Persen per Oktober 2023, Cek Syarat dan Tembus Mudah Buat Modal UMKM

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr