Jalur Jalan Tol di Jawa Tengah Ini Terbengkalai selama 2 Dekade, Dana 4 Triliun Berakhir Sia-sia?

Jalur Jalan Tol di Jawa Tengah Ini Terbengkalai selama 2 Dekade, Dana 4 Triliun Berakhir Sia-sia?

Ilustrasi. Jalur Jalan Tol di Jawa Tengah Ini Terbengkalai selama 2 Dekade, Dana 4 Triliun Berakhir Sia-sia?-evening_tao/freepik-

RIVAL.co.id - Bukan 1 atau 2 hari, tol di Jawa Tengah ini telah terbengkalai selama 2 dekade. Denga dana 4 Triliun yang berakhir sia-sia?

Tak ada yang menduga bahwa akan ada sebuah ruas tol di Jawa Tengah yang dikenal dengan sebutan "mangkrak" selama 20 tahun.



adv

Alasan tol di Jawa Tengah ini terbengkalai ternyata disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah masalah pembebasan lahan yang cukup rumit.

Baca juga: Hati-hati Pak Pilot! Landasan Pacu Bandara NTT yang Bersebelahan dengan Gunung, Menukik Hingga 90 Derajat

Baca juga: Urutan Terakhir Hingga 4000 Dari Data BPS, Ini Daerah Penempatan PNS Terbanyak di Kalimantan Timur yang Mesti Kamu Ketahui!


mg2

Baca juga: 5 Daerah dengan Jumlah Penempatan PNS Terbanyak di Kalimantan Timur, Nomor 1 Bukan Kabupaten Berau!

Sebagaimana kita ketahui, pembangunan jalan tol seringkali mengharuskan pemerintah mengambil alih lahan milik warga. Biasanya, pemerintah menggunakan skema ganti untung untuk memperoleh tanah yang terkena dampak proyek tersebut.

Tanah milik warga akan dibeli dengan harga yang cukup tinggi dari nilai pasar, agar warga bersedia menjualnya kepada pemerintah.

Namun, dalam praktiknya, pembebasan lahan adalah tugas yang sulit dilakukan. Banyak warga yang enggan menjual tanah mereka karena berbagai alasan.

Baca juga: 5 Daerah dengan Jumlah Penempatan PNS Terbanyak di Kalimantan Timur, Nomor 1 Bukan Kabupaten Berau!

Baca juga: Menguji Nyali di Jalan Ekstrem Paling Berbahaya Sukabumi, 2 Jam 56 Menit Ditempuh dari Pusat Kota!

Baca juga: 89,1 KM dari Pusat! Pemandangan Spektakuler di Jalur Ekstrim Sukabumi, Bahaya dan Keindahan Berpadu

Salah satunya adalah karena tanah tersebut merupakan lahan produktif yang menjadi sumber penghidupan mereka. Kendala ini menjadi penyebab utama mengapa ruas tol di Jawa Tengah, yang berjarak 93 km dari Semarang, tidak dapat segera direalisasikan.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr