HEBOH! Sulsel Pecah, Muncul 3 Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi Selatan, Apa Saja? Cek Infonya

HEBOH! Sulsel Pecah, Muncul 3 Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi Selatan, Apa Saja? Cek Infonya

Sulawesi Selatan--

3. Provinsi Tana Toraja

Terakhir, ada wacana pembentukan Provinsi Tana Toraja hasil pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan.

Saat ini, hanya ada tiga kabupaten yang termasuk dalam Provinsi Tana Toraja, yaitu Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan satu kabupaten lainnya dari Provinsi Sulawesi Barat, yaitu Kabupaten Mamasa.



adv

Untuk memenuhi syarat pemekaran, akan dilakukan pemekaran daerah, di mana Kabupaten Tana Toraja akan membentuk Kota Makale dan Kabupaten Toraja Barat. Sedangkan Kabupaten Toraja Utara akan membentuk kabupaten baru bernama Kabupaten Toraja Barat.

Rencana calon ibukota Provinsi Tana Toraja akan berada di Kota Makale atau Kabupaten Tana Toraja.

Baca juga: PROFIL Kate Victoria Lim, Gadis SMA 16 Tahun yang Laporkan Pengacara Hotman Paris Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik, Siapa Sosoknya?


mg2

Setelah pemekaran wilayah ini dilakukan, Provinsi Sulawesi Selatan masih akan memiliki luas wilayah sekitar 17.721 kilometer persegi.

Jumlah penduduk Provinsi Sulawesi Selatan sekitar 5 juta jiwa atau sekitar 65 persen dari jumlah penduduk sebelum pemekaran wilayah.

Sisanya, termasuk Kota Makassar, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Barru, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Maros, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Selayar, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Pare-pare, dan Kabupaten Gowa.

Demikianlah rencana pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dengan pembentukan 3 calon provinsi baru yang akan bergabung dengan provinsi lainnya.

Pemekaran wilayah, khususnya pemekaran provinsi, terus berlanjut di beberapa daerah di Indonesia, meskipun moratorium DOB belum dicabut oleh Pemerintah Pusat.

Baca juga: Rahasia Kecantikan Pagi! Inilah Panduan Lengkap Melakukan Rutinitas Skincare untuk Para Pemula yang Belum Banyak Digunakan Remaja Saat Ini!

Di Pulau Sulawesi, misalnya, terdapat usulan pembentukan 8 calon provinsi DOB, meskipun saat ini Pulau Sulawesi sudah terbagi menjadi 6 provinsi.

Namun, jika keenam provinsi baru ini terwujud, maka Pulau Sulawesi akan memiliki total 14 provinsi. Hal ini masih sangat mungkin terjadi, mengingat luas wilayah Pulau Sulawesi mencapai 180.681 kilometer persegi.

Keenam provinsi yang ada saat ini adalah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), dan Provinsi Gorontalo.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr